Membuat Ringkasan Informasi Jum’at 20 Maret 2020

Materi Bahasa Indoensia

Jumat 20 Maret 2020

membuat ringkasan Informasi tentang perkembangan teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi di Lingkungan

Informasi : Ringkasan dibuat dengan mengumpulkan informasi-informasi penting pada sebuah teks

Ringkasan adalah penyajian teks atau karangan yang panjang ke dalam bentuk singkat dan efektif. Untuk dapat membuat ringkasan, kamu perlu membaca teks dengan seksama secara keseluruhan.

Suatu ringkasan teks berisi informasi-informasi penting dari teks asli. Informasi penting suatu paragraf atau teks dapat ditemukan di awal atau diakhir paragraf atau teks. Informasi-informasi penting tersebut dapat digunakan untuk membuat ringkasan.

Silahkan buka buku Bahasa Indonesia Hal 100-102 untuk memahami materi kali ini, setealh itu silahkan baca taks dibawah ini.

Bacalah informasi berikut ini!

Hari itu, Sabtu (9/11/2019) pukul 08.50 WIB, untuk kali pertama sejak 24 tahun usia, saya datang ke Bandara Soekarno-Hatta dan naik pesawat tujuan ke Tanjung Pandan, Belitung. Jujur, sesaat sebelum masuk ke dalam pesawat usai melakukan pengecekan tiket, data diri, dan menuju gerbang keberangkatan perasaan saya begitu takut. Sampai waktu keberangkatan tiba, dan semua penumpang dipanggil untuk naik ke pesawat. Saya lantas mencari tempat duduk sesuai yang tertera di tiket. Bagi yang baru naik pesawat, tentu saya memerhatikan setiap instruksi keselamatan dari pramugari. Antisipasi semisal ada apa-apa selama di jalan, amit-amit.  Pramugari akan mempraktekkan demo tentang keselamatan pada saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Mulai dari cara memasang sabuk pengaman, mematikan telepon genggam, sampai mengenakan pelampung keselamatan dan masker oksigen.

Ketakutan itu pun perlahan-lahan mulai hilang ketika melewati pesawat mulai terbang atau nama bekennya take off. Banyak orang bilang pada saya bahwa momen krusial dalam penerbangan pesawat adalah ketika take off (lepas landas) dan landing (mendarat). Usai, take off perasaan saya kembali tenang. Saat itu saya begitu menikmati berada untuk kali pertamanya di atas ketinggian 35.000 kaki. Melihat pemandangan berupa gumpalan awan, rasanya tak pernah sedekat ini. Tentunya saya juga tidak lupa menengok satu hal yang terbilang krusial di pesawat, apalagi kalau bukan toilet. Ternyata toilet di pesawat sama seperti toilet di moda transportasi lainnya. Hanya pembedanya, toilet di pesawat tidak boleh digunakan ketika take off dan landing karena akan mengganggu penerbangan. Perjalanan udara memakan waktu sekitar 45 menit dari bandara Soekarno-Hatta ke bandara HAS. Hanandjoeddin Tanjung Pandan. Munculah pemberitahuan bahwa pesawat akan siap landing di Bandara Tanjung Pandan. Saat itu, penumpang diminta untuk tetap tenang dan kembali menggunakan sabuk pengaman, menegakkan sandaran kursi, melipat meja, dan menaikan penutup jendela karena pesawat akan mendarat.

Sumber : https://travel.kompas.com/

Tugas mandiri!

  1. Bacalah teks diatas dengan teliti
  2. Simaklah setiap kosakata dan kalimat dari teks yang kalian baca
  3. catatlah informasi penting dari teks diatas
  4. Susunlah menjadi ringkasan yang menggambarkan isi teks sebenarnya
author
No Response

Leave a reply "Membuat Ringkasan Informasi Jum’at 20 Maret 2020"