TEMA 7 TEKNOLOGI TEPAT GUNA, Tanggal 18 Maret 2020

Indikator :

Teknologi telah berkembang sangat pesat hingga sekarang. Dulu, banyak daerah terpencil yang tidak memiliki teknologi. Namun kini, mereka juga dapat merasakan perkembangan teknologi.

Saat ini, teknologi berkembang pesat disegala aspek kehidupan, misalnya televisi. Salah satu manfaat yang dapat kita peroleh dari televisi ialah informasi berita. Apa saja teknologi tepat guna yang kamu ketahui?

Apa manfaat teknologi tersebut bagi kehidupan?

Doni memiliki sahabat bernama Tono. Saat kenaikan kelas, Tono harus pindah ke Bali, bersama kedua orang tuanya. Doni sangat sedih berpisah dengan sahabatnya. Namun, ibu memberi tahu bahwa mereka masih dapat berkomunikasi . berikut ini merupakan contoh alat-alat komunikasi  yang dapat digunakan untuk berkomunikasi antara Doni dan Tono.

  1. Handphone
  2. Surat
  3. Telepon
  4. Video Call lewat Hp

Silahkan anak-anak baca dan cernati terlebih dahulu buku Erlangga bahasa Indonesia hal 97-98 sebelum masuk ke bahasan dibawah ini

Informasi :

Mencermati teks dapat membantu dalam memahami isi teks secara keseluruhan. Jika mencermati teks dengan baik, kamu dapat menjawab berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan isi teks.

Cermati informasi berikut :

Industri tempe dan tahu nasional akan berusaha untuk melakukan ekspor ke negara-negara Asia. Hal tersebut dilakukan melihat minat masyarakat global yang tumbuh akan produk hasil fermentasi kacang kedelai tersebut. kualitas tempe dan tahu ekspor yang dimaksud oleh para pengusaha adalah yang biasa konsumen nikmati di supermarket dan rumah sakit. Menurutnya, baru sekitar 0,01% dari total pengusaha tempe dan tahu yang memproduksi tempe berkualitas ekspor atau sekitar 20 produsen.

Masa percobaan ekspor tersebut diperkirakan akan rampung dalam 3—6 bulan ke depan. Setelah masa percobaan berakhir, akan mulai mengekspor 100—200 ton per bulan ke berbagai negara di Asia. Para perajin tempe dan tahu domestik dapat meningkatkan tingkat kesejahteraannya mengingat harga jual ekspor jauh lebih tinggi daripada harga jual tempe di pasar. tradisional. harga jual tempe dan tahu di pasar tradisional dibanderol di kisaran Rp12.000—Rp15.000 per kilo.

Sumber : https://ekonomi.bisnis.com/

 

Link Video  : Proses Pembuatan Tempe

 

SOAL LATIHAN

  1. Temukan Informasi penting dalam setiap paragraf pada bacaan diatas.
  2. Judul yang tepat untuk artikel diatas adalah …
  3. Bagaimana cara pembuatan tempe?
  4. Apakah pengertian dari ekspor?
  5. Berapa ton kebutuhan tahu dan tempe negara-negara di Asia dari Indonesia setiap bulannya?
author
No Response

Leave a reply "TEMA 7 TEKNOLOGI TEPAT GUNA, Tanggal 18 Maret 2020"