Menemukan Informasi Penting dalam sebuah Bacaan

Suatu teks mengandung informasi yang ingin disampaikan kepada para pembaca atau pendengarnya. Informasi tersebut dapat ditemukan dengan cara mencermati teks. Mencermati teks berarti memahami maksud dan tujuan dari setiap kata serta kalimat yang ada pada teks. mencermati teks dapat dilakukan dengan cara membaca teks secara seksama, dari awal sampai akhir.

Mencermati teks dapat membantu dalam memahami isi teks secara keseluruhan. Jika mencermati teks dengan baik, kamu dapat menjawab berbagai pertanyaa yang berkaitan dengan isi teks tersebut.

Bacalah Teks berikut ini!

Pabrik Tempe pak Rudi

Di dekat rumah Bayu terdapat sebuah pabrik pengolahan tempe. Pabrik tempe tersebut merupakan industri rumahan. Meskipun demikian, kualitas tempe yang dihasilkan dari pabrik tempe tersebut sangat baik dan higienis.

Pemilik pabrik tempe tersebut adalah Pak Rudi. Ia sudah menjalankan produksi tempe ini selama lebih dari 20 tahun. Setiap hari, pabrik tempe Pak Rudi mampu mengolah 50 kg kacang kedelai menjadi tempe.

Ketekunan Pak Rudi dalam mengembangkan bisnis, membuat pabrik tempenya semakin maju. Hasil olahan tempe Pak Rudi tidak hanya dikenal di lingkungan rumah Bayu, melainkan hampir di seluruh wilayah Indonesia. Tempe olahan pabrik Pak Rudi bahkan sempat diekspor ke beberapa negara di Asia Tenggara.

 

Setelah membaca teks ” Pabrik Tempe Pak Rudi” , tentu kalian akan mendapat informasi yang berkaitan dengan judul teks tersebut. Coba perhatikan paragraf pertama didapati beberapa informasi sebagai berikut;

  • Ada pabrik pengolahan tempe didekat rumah Bayu
  • pabrik pengolahan tempe dekat rumah Bayu adalah industri rumahan
  • Kualitas tempe dari pabrik pengolahan tempe dekat rumah Bayu sangat baik dan higienis.

Paragraf 2;

  • Nama pemilik pabrik tempe tersebut adalah Pak Rudi
  • pak rudi menjalankan produksi tempe selama 20 tahun
  • Pabrik tempe Pak rudi mampu memproduksi 50 kg kacang kedelai dalam sehari

Paragraf 3;

  • Pabrik tempe Pak Rudi maju karena ketekunan dalam mengembangkan bisnis
  • Olahan tempe Pak rudi dikenal hampir seluruh wilayah Indonesia dan juga dibeberapa negara di Asia

Demikian contoh cara menjadi informasi penting dalam sebuah teks bacaan!

Sebagai bahan latihan berikut ini saya sajikan sebuah teks bacaan, Silahkan dibaca dengan cermat kemudian cari informasi penting dalam bacaan tersebut!

Manjahit Baju

Bibi meminta Agnes untuk menjadi penerima tamu dalam acara pernikahan sepupunya. Pada acara tersbut, Agnes akan mengenakan pakaian adat Jawa berupa kebaya. Bibi memberi sehelai kain batik untuk digunakan pada acara tersebut.

Ibu dan Agnes pergi ke penjahit yang sudah cukup terkenal dilingkungan sekitar rumahnya. Penjahit tersebut biasanya memproduksi berbagai jenis pakaian, mulai dari pakaian adat, kebaya, gaun, Jas, dan jenis pakaian lainnya. namun, panjahit itu lebih sering memproduksi kebaya dibandingkan jenis pakaian lainnya. penjahit itu memproduksi pakaian ditempat bisnisnya yang bernama Rumah Kebaya.

Di Rumah Kebaya, Agnes dan ibunya akan menjahit kain pemberian bibi Agnes untuk dijadikan kebaya bersama ibunya, Agnes pun masuk ke tempat tersebut dan melihat banyak penjahit yang sedang bekerja. Para penjahit itu menjahit dengan mesin jahit yang cukup canggih.

kedatangan Agnes dan ibunya disambut oleh salah seorang penjahit, bernama ibu Rini. Ibu Rini melayani Agnes dengan sangat ramah. Ibu Rini akan emmbuat kebaya yang sesuai dengan ukuran Agnes. Ibu Rini pun mengukur tubuh Agnes agar mendapatkan ukuran yang pas. Setelah itu, Agnes diberikan beberapa pilihan gambar model kebaya. Agnes pun diminta untuk memilih satu model yang sangat ia inginkan.

Setelah melewati proses pengukuran dan pemilihan model, Ibu Rini mulai bekerja embuat kebaya untuk Agnes. Ibu Rini membuat pola kebaya dengan ukuran yang telah didapatnya. Setelah itu, ia mulai memotong dan menjahit kain yang dibawa oleh Agnes dan Ibunya.

Untuk Proses pembuatan kebaya Agnes, Ibu Rini memerlukan waktu selama seminggu. Setelah seminggu, Agnes dan ibunya datang kembali ke Rumah Kebaya untuk mengambil kebaya yang telah jadi. Di sana, Ibu Rini menyarankan Agnes untuk mencoba mengenakan kebaya tersebut.

Ibu Agnes memuji penampilan Agnes saat memakai kebaya. Model dan warna kain kebaya itu sangat cocok dengan Agnes. Ukuran kebaya yang dibuat pun sangat pas dengan Agnes. Agnes terlihat semakin cantik saat mengenakan kebaya.

Setelah mengambil kebaya, Agnes dan ibunya pulang kerumah. Kebaya itu pun kemudian disimpan rapi di dalam lemari. Tujuannya, agar kebaya tersebut tetap rapi dan tidak kusut hingga acara pernikahan itu tiba.

  1. temukan informasi penting dari setiap paragraf pada teks tersebut.
  2. Jika sudah menemukan informasi penting dalam teks, jawablah pertanyaan berikut!
  • Mengapa Bibi Agnes memberikan Agnes sehelai kain?
  • Apa itu Rumah kebaya?
  • Apa saja yang dilihat Agnes dalam Rumah Kebaya?
  • Mengapa Ibu Rini mengukur tubuh Agnes?
  • Bagaimana hasil kebaya  yang dijahit oleh Ibu Rini?

Materi ini dapat dilihat juga dibuku Cetak halaman 97 – 99!

About Robert Kris 495 Articles
Berkah Dalem

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*