Menentukan Informasi tentang Arah Mata Angin

Agar tidak tersesat saat melakukan kegiatan di alam bebas, kita perlu keahlian dalam mengetahui arah mata angin. Salah satu alat yang dapat digunakan adalah KOMPAS. Dengan kompas, kita akan lebih mudah menentukan arah-arah yang akan kita tuju. Selain menggunakan kompas, ada beberapa cara sederhana untuk menentukan arah mata angin, antara lain dengan menggunakan arah terbit matahari dan tenggelam matahari sebagai patokan. Informasi tentang cara menentukan arah mata angin dapat kita peroleh dari teks berikut ini:

Berkemah disekolah

Andi, Bagus, Dina, dan Meri merupakan anggota pramuka disekolahnya. Mereka mengikuti kegiatan berkemah yang diadakan oleh sekolah. Kegiatan berkemah dimulai dengan upacara di lapangan sekolah. Saat upacara bendera, mereka menghadap kearah matahari terbit, sedangkan pembina upacara menghadap ke arah matahari terbenam.

Setelah Upacara selesai, mereka diberikan tugas membuat tenda. Setiap kelompok mendirikan tenda masing-masing. Andi dan teman-teman mendirikan tenda disebelah tenggarayang berseberangan dengan pos kesehatan.

Ada enam pos yang harus mereka datangi dalam kegiatan pramuka tersebut. Pos pertama terletak di sebelah selatan. Pos kedua terletak disebelah barat daya. Pos ketiga terletak disebelah barat. Pos keempat terletak disebelah utara. Pos kelima terletak disebalh timur laut. Pos keenam terletak disebelah timur.

Andi, bagus,Dina, dan Meri melaksanakan tugas dengan baik disetiap pos yang mereka datangi. mereka melakukan kegiatan berkemah dengan sangat kompak dan semangat. pada akhir kegiatan berkemah, mereka mendapatkan penghargaan sebagai kelompok terbaik.

 

Kerjakan soal-soal berikut berdasarkan teks diatas!

  1. Ke arah manakah siswa-siswa menghadap saat melaksanakan upacara bendera di lapangan?
  2. Ke arah manakah pembina upacara  menghadap saat melaksanakan upacara bendera di lapangan?
  3. Di sebelah manakah Andi dan teman-temannya mendirikan tenda?
  4. Di arah manakah pos kesehatan berada?
  5. Buatlah gambar posisi sketsa Denah setiap tempat yang disebutkan pada teks sesuai arah mata angin!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*