Bagian Tubuh Manusia

No comment 852 views

Manusia diberikan karunia oleh Sang Pencipta melalui berbagai bagian tubuh beserta fungsinya. Secara garis besar tubuh manusia terdiri dari :

  1. Organ Penglihatan
  2. Organ Pendengaran
  3. Organ Pernafasan
  4. Organ Pencernaan
  5. Kulit
  6. kerangka Tubuh
  7. Sistem Saraf
  8. Darah
  9. Organ tubuh

Organ Penglihatan 

Mata adalah alat penglihatan yang terdapat pada rongga mata. Terdiri dari Sklera, Koroid dan Retina. Kelainan pada mata yang dikenal adalah rabun jauh dan rabun Dekat. karenanya sering-seringlah memakan sayuran dan buah yang mengandung Vitamin A.

 

Organ Pendengaran 

telinga adalah alat pendengaran yang tersusun atas bagian yang saling berinteraksi menurut mekanisme tertentu. Itulah yang disebut proses mendengar. Telinga terdiri atas 3 bagian besar yaitu telinga luar, telinga tengah dan telinga dalam.

 

Saluran dan Organ Pernafasan

Hidung, Pangkal tenggorok, tenggorok dan paru-paru adalah alat pernafasan yang terdapat pada manusia. Bernafas adalah peristiwa menghirup udara yang mengandung oksigen masuk keparu-paru dan penghembusan karbondioksida melalui saluran pernafasan.

 

Saluran dan Organ Pencernaan

Alat pencernaan terdiri atas saluran pencernaan dan alat-alat lain yang terlibat dalam proses pencernaan. Saluran percernaan terdiri atas Mulut, kerongkongan, lambung, usus dua belas jari, usus halus, usus besar dan anus.

 

Kulit

Kulit adalah organ peraba manusia yang berfungsi melindungi bagian dalam tubuh dan mengandung saraf penerima yang bisa merasakan sentuhan dan sakit. kulit juga berfungsi membantu mengatur suhu tubuh melalui keringat.

 

Kerangka Tubuh

kerangka tubuh manusia terdiri dari 206 buah tulang. Banyak sekali bukan? lalu fungsi dari kerangka apa saja? berikut ini adalah fungsi dari kerangka :

  • Untuk menegakkan tubuh
  • memberi bentuk
  • untuk menggerakkan tubuh
  • melindungi jaringan lunak dan mudah rusak seperti : otak, jantung, paru-paru, hati dan jaringan saraf tulang belakang.

Sistem Saraf

Sistem saraf terdiri dari sel-sel yang bertugas menerjemahkan rangsangan dari luar kepusat saraf. Jika kamu merinding dan menggigil berarti sistem saraf bekerja dengan baik. Sistem saraf terdiri dari sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi. Sistem saraf pusat dibagi menjadi : Otak, dan sumsum tulang belakang. Sedangkan sistem saraf tepi terdiri dari : sistem saraf otonom dan sistem saraf cerebrospinal.

 

Darah

Sebagian besar tubuh manusia diisi oleh cairan. salah satunya adalah darah. Darah terdiri dari Plasma darah dan sel darah. Plasma darah berfungsi untuk mengedarkan sari makanan ke seluruh tubuh dan membawa zat sisa metabolisme ke alat pengeluaran. Sel darah terdiri atas : keping darah (trombosit), sel darah merah (eritrosit) dan sel darah putih (leukosit).

Organ Tubuh

Organ tubuh lainya yang sangat penting adalah jantung, paru-paru, hati dan ginjal. Jantung berfungsi mengedarkan darahkeseluruh tubuh. Paru-paru berfungsi untuk pernafasan, hati berfungsi untuk membentuk atau mensintesis empedu dan sebagai penawar zat berbahaya. sedangkan ginjal berfungsi untuk membuang sisa metabolisme dan zat-zat berbahaya, mengatur tekanan darah, mengatur keseimbangan air dan garam dalam darah.

 

author
No Response

Leave a reply "Bagian Tubuh Manusia"