Mengenal Power Supply

No comment 993 views

Pernahkah kalian melihat isi dari CPU? Dalam CPU ada sebuah kotak besar yang tugasnya memasok listrik untuk komponen komputer lainnya. Komponen yang bertugas memasok arus listrik itu disebut sebagai Power Supply. Pada bagian belakang Power Supply terdiri dari soccet penghubung ke monitor  dan Power listrik. Juga terdapat Fun atau kipas angin, yang berfungsi mendinginkan udara didalam kotak power supply tersebut. bagian depan terdiri dari kabel-kabel kecil untuk mengalirkan listrik kesetiap bagian didalam CPU atau motherboard. Tentu saja listrik yang mengalir sudah minim atau diperkecil. Sedangkan pada power supply itu sendiri voltase listrik masih besar, sehingga dilarang keras menyentuhnya.

Jenis Power Supply

dahulu jenis power supply yang sering digunakan adalah model AT (Advenced Technology). Pada model ini kita harus menekan tombol ON/OFF pada CPU jika ingin mematkan komputer. Tapi saat ini teknologi power supply yang banyak digunakan adalah ATX (Advanced Technology Extended) karena model ini memberikan kemudahan mematikan CPU tanpa harus menekan tombol ON/OFF pada CPU, cukup dengan mengklik Shutdown.

Berikut ini cara mengatur power untuk CPUdan Monitor:

Klik Start

pilih control Panel

Pilih Power Options

Pilih tab Power Schemes

Pilih “HOME/Office Desk” pada pilihan Power Schemes

Pada pilihan “Turn Off Hardisk ” pilih Never. pilihan ini berguna agar hardisk tidak pernah mati berputar.

Pada pilihan ” System Stanby” pilih never. Pilihan ini berguna agar CPU tidak mati sebelum Shutdown. demikian cara mengatur power untuk CPU dan Monitor, Semoga dapat membantu dan bermanfaat.

author
No Response

Leave a reply "Mengenal Power Supply"