Pembelajaran Sinergetik (Synergetic Teaching)

No comment 771 views

 Selamat pagi rekan – rekan ayorajinbelajar.com !

Pada kesempatan kali ini, kembali kami akan membagikan referensi salah satu model pembelajaran aktif yang cocok diterapkan dalam pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Model pembelajaran yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah Model Pembelajaran Sinergetik (Synergetic Teaching.

 

Pembelajaran ini merupakan salah satu jenis pembelajaran aktif (active learning), yaitu pembelajaran yang mengajak siswa belajar secara aktif, baik untuk menemukan ide pokok dari materi pelajaran, memecahkan persoalan, atau mengaplikasikannya. Pembelajaran Sinergetik adalah metode atau strategi yang menggabungkan dua cara belajar yang berbeda. Melvin L. Silberman (2009) menjelaskan Pembelajaran Sinergetik ini merupakan metode perubahan langkah yang sesungguhnya. Metode ini memungkinkan para siswa yang memiliki pengalaman yang berbeda dalam mempelajari materi yang sama untuk saling membandingkan catatan.

 

Langkah-Langkah Implementasi Pembelajaran Sinergetik

Menurut Hisyam Zaini, dkk (2004) adalah sebagai berikut.

  1. Bagilah kelas menjadi dua bagian.
  2. Kirimkan satu kelompok ke ruangan lain untuk membaca tentang topik yang diajarkan.
  3. Pastikan materi bacaan itu terformat dengan baik dan mudah dibaca.
  4. Selama masa ini, berikan sebuah pelajaran yang disampaikan dengan lisan, ceramah, tentang materi yang sama kepada separuh lainnya dari kelas itu.
  5. Setelah selesai mintalah siswa untuk berpasangan dengan teman yang tadi menerima pelajaran dengan cara yang berbeda. Anggota kelompok satu akan mencari kawan dari anggota kelompok dua.
  6. Keduanya diminta untuk meggabungkan hasil belajar yang mereka peroleh dengan cara yang berbeda tersebut.
  7. Mintalah beberapa orang untuk menyampaikan hasil belajar.
  8. Mereka akan menjawab pertanyaan yang anda sampaikan.
  9. Beri penjelasan untuk setiap jawaban siswa yang belum jelas.

 

Sumber : Panduan Pengembangan Pembelajaran Aktif oleh Direktrorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

author
No Response

Leave a reply "Pembelajaran Sinergetik (Synergetic Teaching)"