RPP Sejarah KD 3.6 & 4.6

No comment 989 views

Kurikulum 2013 (K13) menuntut pendidik (guru) untuk bertindak kreatif dalam menyusun rencana pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif untuk memperoleh pengetahuan secara mandiri. Guru dituntut untuk menjadi fasilitator dalam pembelajaran sehingga pembelajaran terpusat pada peserta didik. Selain itu, kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik tidak hanya mencakup kompetensi pengetahuan tetapi juga kompetensi keterampilan yang terangkum dalam KI 4.

Banyak pendidik yang masih kesulitan saat mengembangkan KD yang menyangkut keterampilan karena sebelumnya pada  KTSP, KD keterampilan hanya ada pada beberapa mata pelajaran saja seperti pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, Biologi, Penjaskes, Seni Budaya, dan TIK. Pada K13, semua mata pelajaran dituntut untuk mempunyai kompetensi keterampilan yang mencerminkan mata pelajaran tersebut dan sudah diatur dalam KD 4.

Sejarah merupakan salah satu mata pelajaran yang sebelumnya tidak memiliki dimensi keterampilan dalam KTSP 2006. Pada K13, Sejarah menjadi mata pelajaran wajib yang didapatkan seluruh peserta didik di program peminatan yag berbeda – beda. Untuk itu, perencanaan proses pembelajarannya harus dilakukan dengan baik. ayorajinbelajar.com pada kesempatan ini akan membantu bapak / ibu yang mengampu mata pelajaran sejarah untuk menyusun RPP K13. Kali ini kami akan membagikan RPP Sejarah KD 3.6 & 4.6 mengenai Kerajaan Sriwijaya. Rekan – rekan dapat mengunduhnya pada file download di bawah ini :

RPP Sejarah KD 3.6 dan 4.6

author
No Response

Leave a reply "RPP Sejarah KD 3.6 & 4.6"