LKPD Ikatan Kimia

No comment 2238 views

Unsur – unsur kimia di alam, ditemukan dalam bentuk molekul unsur/molekul senyawa, kecuali gas mulia. Sampai saat in, belum ditemukan satupun senyawa alami yang berasal dari unsur -unsur golongan VIII A atau yang lebih sering disebut gas mulia. Mengapa demikian?

Gas mulia bersifat stabil karena mempunyai konfigurasi duplet dan konfigurasi  oktet. Nah, unsur – unsur lain yang tidak stabil akan berikatan dengan unsur lainnya membentuk konfigurasi seperti gas mulia.  Cara unsur – unsur mencapai kestabilan bisa dilakukan dengan 3 cara, yaitu :

  1. melepas ellektron membentuk ion positif
  2. menerima elektron membentuk ion negatif
  3. penggunaan bersama pasangan elektron

Hal ini dibahas pada materi ikatan kimia. Materi ikatan kimia di SMA akan didapatkan pada semester ganjil kelas X. Untuk memahami materi ini, kami memberikan contoh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dapat membantu peserta didik membangun pemahamannya sendiri tentang ikatan kimia. Dengan keterlibatan aktif peserta didik untuk memperoleh pengetahuan, diharapkan pemahaman yang didapatkan akan bertahan lama dan peserta didik lebih mudah memahami materi ini.

Untuk dapat mengunduh LKPD ikatan kimia, silakan klik link download di bawah ini :

LKPD Ikatan Kimia

 

author
No Response

Leave a reply "LKPD Ikatan Kimia"