Sifat Keperiodikan Unsur

No comment 990 views

Sistem Periodik Unsur/Tabel Periodik Unsur yang saat ini kita kenal disusun oleh H.G.J. Moseley pada saat Perang dunia I. Sistem Periodik yang disusun oleh Moseley didasarkan pada kenaikan nomor atom.

Sistem Periodik Modern

Pada sistem periodik modern, terdapat lajur mendatar yang disebut periode dan lajur tegak yang disebut golongan.  Jumlah periode dalam sistem periodik modern ada 7 dan diberi tanda dengan angka sebagai berikut :

  1. Periode 1 berisi 2 unsur
  2. Periode 2 dan 3 berisi masing – masing 8 unsur
  3. Periode 4 dan 5 masing – masing berisi 18 unsur
  4. Periode 6 berisi 32 unsur.Pada periode ini terdapat deretan unsur yang disebut deret Lantanida, yaitu unsur dengan nomor atom 58 – 71 dan diletakkan pada bagian bawah.
  5. Periode 7 sampai saat ini berisi 24 unsur. Pada periode ini terdapat deret Aktinida, yaitu unsur dengan nomor atom 90 – 103 dan diletakkan pada bagian bawah.

Jumlah golongan ada8 dan ditandai dengan anka Romawi.Selain itu, terdapat dua kelompok golongan,yaitu golongan utama/golongan A dan golongan transisi/golongan B.

Sifat unsur – unsur yang berada pada satu golongan memiliki kemiripan. Kemiripan unsur – unsur ini berulang secara periodik. Berdasarkan letaknya dalam Sistem Periodik Unsur, maka ada keteraturan sifat – sifat unsur pada satu golongan/satu periode. Sifat – sifat keperiodikan unsur dalam Sistem Periodik Unsur ada 4, yaitu :

  1. jari – jari atom
  2. energi ionisasi
  3. afinitas elektron
  4. keelektronegatifan

untuk lebih memahami tentang sifat – sifat keperiodikan unsur, maka kami membagikan file dalam bentuk presentasi (ppt) yang dapat dgunakan sebagai referensi kegiatan pembalajaran. Rekan – rekan dapat mengunduhnya pada link download di bawah ini :

Sifat – Sifat Keperiodikan Unsur ppt

 

author
No Response

Leave a reply "Sifat Keperiodikan Unsur"