Obat Alami Untuk Atasi Radang Tenggorokan

No comment 830 views

Selamat pagi rekan – rekan ayorajinbelajar.com. Di musim pancaroba seperti sekarang ini, sedang mewabah virus flu dan radang tenggorokan yang disebabkan oleh cuaca ekstrim yang sering berubah -ubah. Bila rekan – rekan mengalami radang tenggorokan yang ditandai dengan rasa gatal di tenggorokan dan sulit menelan atau bahkan rasa sakit saat menelan makanan, maka jangan langsung meminum obat-obatan kimia. Ada obat – obat alami yang tentunya tidak berbahaya bagi tubuh karena berasal dari alam. Obat – obatan alami juga tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh kita. Kami akan membagikan beberapa contoh obat alami yang bisa digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan. Selamat menyimak.

  • Jeruk Lemon

Jeruk lemon selain menyegarkan juga sangat kaya manfaat, mulai sebagai antioksidan, mengobati gangguan asam lambung, mencegah sesak nafas, dan juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit tenggorokan secara alami. Kandungan astringen di dalam buah lemon dapat meredakan dan mengobati sakit tenggorokan. Cara pemanfaatannya mudah, yaitu campurkan 1 sendok teh air perasan lemon ke dalam segelas air matang. Perasan air lemon dapat membantu meredakan inflamasi dan membantu membunuh kuman-kuman di tenggorokan. Selain itu juga ampuh menghilangkan lendir pada tenggorokan sama seperti jeruk nipis, yang mana biasanya tenggorokan akan segera terasa lega begitu dahak dapat dikeluarkan.

  •  Cengkeh

Cengkeh atau cengkih banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal sakit tenggorokan. Cara pemanfaatannya cukup mudah, rekan-rekan hanya perlu menambahkan 1-3 sendok teh cengkeh bubuk ke dalam segelas air matang, lalu gunakanlah untuk berkumur. Cengkeh mempunyai sifat antibakteri dan anti radang yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.  Jika tidak punyan cengkeh dalam bentuk bubuk, maka cengkeh yang utuh dapat ditumbuk dahulu supaya nutrisinya dapat larut ke dalam air.

  • Madu

Madu  mengandung sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur yang tentunya dapat membantu tubuh melawan infeksi kuman di tenggorokan, oleh karenanya cocok untuk mengobati panas dalam maupun jenis sakit tenggorokan lainnya. Cara memanfaatkannya sangat mudah, campurkan satu sendok makan madu dengan segelas air hangat (jangan air panas karena akan merusak nutrisi madu). Konsumsi secara teratur sehari 2-3 kali hingga rasa sakit di tenggorokan mereda.

  • Garam

Garam tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai penyedap makanan saja, tapi larutan garam merupakan obat kumur alami sakit tenggorokan yang sudah lama populer di seluruh dunia. Cara membuatnya pun sangat mudah,  larutkan garam sebanyak 1/4 sendok teh ke dalam segelas air putih hangat.  Larutan ini dijamin dapat membantu meredakan sakit tenggorokan karena dapat menghilangkan dan menetralkan asam di tenggorokan, meredakan sensasi nyeri dan terbakar pada tenggorokan serta membantu penyembuhan saluran tenggorokan Anda. Hanya saja perlu diingat bahwa larutan ini untuk berkumur, bukan ditelan. Untuk hasil lebih maksimal, rekan – rekan dapat menambahkan cairan pembersih mulut untuk berkumur. Cairan ini berfungsi untuk membunuh kuman yang ada di mulut.

 

Demikian beberapa obat alami yang dapat rekan – rekan gunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Selamat mencoba

Sumber : dedaunan.com

author
No Response

Leave a reply "Obat Alami Untuk Atasi Radang Tenggorokan"