Kimia  

RPP Hakikat Ilmu Kimia

Tak kenal maka tak sayang. Begitulah kata pepatah. Oleh karena itu, sebelum memulai mempelajari ilmu kimia tentunya kita harus mengenali terlebih dahulu. Sebagian orang menilai bahwa ilmu kimia itu sulit atau rumit. Padahal jika dipelajari lebih lanjut, ilmu kimia sangatlah menyenangkan karena sangat erat kaitannya dalam kehidupan sehari – hari. Banyak sekali manfaat yang didapatkan bila kita mempelajari ilmu kimia. Semua barang kebutuhan kita sehari – hari, mulai dari makanan, tekstil, kosmetik, hingga berbagai bahan yang digunakan dalam pembuatan alat transportasi merupakan produk kimia. Ilmu kimia juga membantu kita memahami fenomena alam yang terjadi, seperti mengapa air tidak dapat terbakar? mengapa kayu kering tidak dapat menghantarkan listrik? mengapa garam berwujud padat tapi rapuh/mudah digerus? Semua ini dibahas dalam ilmu kimia.

Ilmu kimia merupakan bagian dari IPA. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)  atau yang biasa disebut natural science adalah ilmu yang mempelajari alam semesta. Ilmu kimia dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, dan perubahan materi, serta energi yang menyertai perubahan tersebut.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang materi-materi yang ada di ilmu kimia, terlebih dahulu siswa-siswi harus memahami tentang hakikat ilmu kimia. Pada kesempatan kali ini, ayorajinbelajar.com akan membagikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tentang hakikat ilmu kimia. Rekan – rekan dapat mengunduhnya pada link download di bawah ini :

 

RPP Hakikat Ilmu Kimia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com