Kemdikbud terapkan Pendidikan Karakter “Lagu Indonesia Raya Wajib dinyanyikan Setiap Hari oleh Siswa”

Informasi terbaru didunia pendidikan, Pemerintah akan terus meningkatkan menerapkan Pendidikan karakter untuk anak-anak yang duduk di bangku Sekolah dasar (SD). hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy . Dalam Penerapan pendidikan karakter Salah satu agendanya yaitu mewajibkan seluruh siswa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya setiap hari.

Pendidikan karakter akan benar-benar diterapkan disekolah dimulai pada tahun ajaran baru 2017/2018. Penguatan pendidikan karakter penting ditanamkan sejak usia SD.

Pada Tahun ajaran baru Pendidikan Dasar akan menerapkan pola pembelajaran delapan jam di lima hari sekolah. Setiap pagi, para siswa wajib menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Porsi pendidikan karakter untuk siswa SD sebesar 70 persen. Sedangkan porsi pendidikan karakter untuk siswa SMP yaitu 60 persen.

Jam belajar untuk beberapa mata pelajaran umum akan dikurangi dan lebih banyak menempatkan porsi untuk membentuk karakter siswa. Muhadjir mengklaim pola pendidikan ini sesuai dengan harapan pemerintah. Sebab pemerintah menginginkan generasi muda bangsa tumbuh menjadi unggul pada tahun 2045.

Mendikbud akan menerbitkan surat edaran untuk pemberlakuan sistem tersebut. Siswa juga harus belajar menjadi pemimpin untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Bukan hanya siswa, surat edaran juga menuntut guru lebih kreatif dan fleksibel menggelar kegiatan belajar mengajar sesuai kebutuhan siswa. Penanaman karakter menjadi dasar untuk membentuk kepribadian yang baik di masa mendatang.

Kemdikbud meminta guru dan pengelola menjadikan sekolah sebagai tempat yang aman dan nyaman. Para siswa juga dapat lebih betah dan karakternya terbentuk di sekolah.

Dengan Pernyataan kemdikbud ini, maka rekan-rekan sebaiknya mempersiapkan diri dari sekarang karena poin penting dari artikel ini adalah Bagaimana guru harus kreatif dalam mengadakan kegiatan belajar mengajar, bagaimana membuat suasana belajar menjadi menyenangkan dan juga  guru dapat menciptakan suasana sekolah yang nyaman bagi siswa, bukan menjadi beban belajar. dan juga kiranya mulai dari sekarang juga menyiapkan diri dalam menyambut belajar 8 jam, 5 hari dalam seminggu.

Demikian informasi ini kami sampaikan semoga bermanfaat dan dapat memberikan informasi yang berguna bagi rekan-rekan.

Sumber : metrotvnews.com

 

author
No Response

Leave a reply "Kemdikbud terapkan Pendidikan Karakter “Lagu Indonesia Raya Wajib dinyanyikan Setiap Hari oleh Siswa”"