Manfaat Melaksanakan Kewajiban di Lingkungan Masyarakat

Kita harus mematuhi dan melaksanakan kewajiban dengan sepenuh hati. Melaksanakan kewajiban pun harus dilakukan atas kesadaran sendiri atau tanpa paksaan orang lain. Dengan demikian kita akan merasakan manfaat dari melaksanakan kewajiban.

Berikut manfaat yang akan kita peroleh jika melaksanakan kewajiban dengan sepenuh hati.

A.Lingkungan menjadi tertib

B.Lingkungan menjadi bersih dan sehat

C.Tercipta kerukunan antar warga

Suasana lingkungan yang tertib dan teratur merupakan keinginan semua orang. Demi terciptanya suasana tersebut, masyarakat wajib mematuhi dan melaksanakan peraturan yang ada. Dengan demikian, warga dapat menikmati suasana lingkungan yang tertib dan teratur.

Ketidakteraturan lingkungan merupakan akibat adanya warga yang tidak patuh kepada peraturan. Warga seperti ini berarti tidak menjalankan kewajibannya. Kita akan merasa tidak tenang jika hidup dalam lingkungan yang tidak teratur. Misalnya ketidakaturan di jalan raya dapat mengakibatkan kecelakaan bagi diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. Oleh sebab itu, kita wajib mematuhi dan melaksanakan peraturan yang berlaku.

Menjaga kebersihan lingkungan merupakan kewajiban seluruh warga. Jika seluruh warga turut menjaga kebersihan lingkungan, akan tercipta lingkungan yang sehat. Lingkungan yang bersih dan sehat memberi kita banyak manfaat, yaitu :

1.Menghindarkan kita dari berbagai penyakit.

2.Membuat kita nyaman saat beraktivitas sehari-hari.

Sebaliknya, mengabaikan kebersihan lingkungan dapat menimbulkan berbagai akibat buruk, seperti terserang penyakit. Mengabaikan kebersihan lingkungan sama dengan membiarkan lingkungan menjadi kotor. Lingkungan yang kotor merupakan sumber penyakit. Bau tak sedap juga akan muncul dari lingkungan kotor yang tidak terawat. Kita tentu tidak ingin merasakan akibat buruk dari lingkungan yang kotor. Oleh sebab itu, kita harus menjaga kebersihan lingkungan.

Menghormati dan menghargai orang lain termasuk kewajiban kita. Jika kita menghormati orang lain, kita akan di hormati pula oleh orang lain. Kita juga harus menghargai tetangga yang berbeda agama atau daerah asal. Selain itu, kita pun sebaiknya membantu tetangga yang terkena musibah. Dengan begitu, beban tetangga tersebut menjadi berkurang. Bayangkan jika keluarga kita yang terkena musibah, beban kita juga akan berkurang jika dibantu oleh orang lain. Jika seluruh warga saling menghormati dan menghargai, kerukunan antar warga akan tercipta. Lingkungan tempat tinggal menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali, karena warganya saling menghormati dan hidup rukun.

Jika setiap warga tidak saling menghormati dan menghargai, akan muncul rasa permusuhan. Warga menjadi saling curiga dan tidak saling menyapa saat bertemu. Suasana tempat tinggal yang seperti ini membuat kita tidak nyaman.

TUGAS KETERAMPILAN

Ayo kita ajak orang lain untuk mematuhi dan melaksanakan kewajiban dengan cara :

  1. Buatlah poster ajakkan melaksanakan kewajiban!
  2. Buatlah poster di kertas A4 atau dengan menggunakan aplikasi Canva! (pilih salah satu)
  3. Berilah logo BPK PENABUR di bagian kiri atas!
  4. Warnailah postermu dan berilah gambar sesuai dengan tema postermu!
  5. Tuliskan namamu pada sebelah kanan bawah.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*