Keterkaitan antar simbol dalam Pancasila

Setiap simbol memiliki makna yang berbeda-beda. Namun, simbol-simbol Pancasila saling berkaitan dan membentuk satu kesatuan yang utuh.

  • Perisai atau tameng telah dikenal oleh bangsa Indonesia sejak masa kerajaan Nusantara. Perisai digunakan sebagai senjata pertahanan dalam perjuangan untuk mencapai tujuan.
  • Lima buah ruang pada perisai yang mencerminkan lima dasar negara, yaitu sila-sila Pancasila.
  • Warna dasar merah putih pada ruang perisai melambangkan warna bendera Indonesia (Bendera Merah-Putih).
  • Garis hitam tebal di tengah perisai menggambarkan letak Indonesia yang dilewati oleh garis khatulistiwa.

 

Penerapan nilai-nilai Pancasila

Pancasila merupakan pedoman hidup bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, sikap dan perbuatan kita sehari-hari harus sesuai dengan Pancasila. Sebagai seorang siswa, kita perlu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila.

Penerapan sila Ketuhanan Yang Maha Esa

Sila pertama Pancasila mengandung nilai keimanan, ketakwaan, kejujuran, dan toleransi. Salah satu perilaku yang sesuai dengan sila pertama Pancasila adalah menghormati orang yang sedang beribadah. Sikap saling menghormati antar umat beragama dapat dilakukan oleh siapa saja.

Sikap pedagang es krim yang taat beribadah dan sikap Edo yang menghormati orang lain yang beribadah merupakan contoh-contoh sikap yang sesuai nilai-nilai luhur sila pertama Pancasila.

Penerapan sila kemanusiaan yang adil dan beradab

Sila kedua Pancasila mengandung nilai-nilai rendah hati, saling menghargai, membantu, serta menghormati hak dan kewajiban dengan orang lain. Perhatikan contoh-contoh sikap yang sesuai dengan nilai luhur sila kedua Pancasila berikut.

Cerita-cerita di atas menunjukkan sikap yang sesuai dengan nilai luhur dalam sila kedua Pancasila. Berdasarkan cerita-cerita diatas, kita dapat mengetahui bahwa bersikap sesuai dengan sila kedua Pancasila perlu dilakukan dimana saja. Baik itu di lingkungan rumah, sekolah, atau masyarakat.

Latihan!

Mengidenfikasi sikap sesuai sila pertama Pancasila :

Mengidenfikasi sikap sesuai sila kedua Pancasila

Untuk mendapatkan file PTT (Power Point) bisa diunduh dibawah ini

File PPT

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*