Pengamalan Sila kedua dan Sila ketiga Pancasila Dalam kehidupan sehari-hari

Prilaku dalam kehidupan sehari-hari merupakan perwujudn pngamalan sila-sila Pancasila. Nah berikut ini adalah penerapan Pengamalan Sila kedua dan Sila ketiga Pancasila Dalam kehidupan sehari-hari “

Setiap manusia mempunyai kedudukan yang sama. Disekolah terdapat keberagaman. Misalnya, teman-temanmu berasal dari berbagai daerah dengan latar belakang budaya yang berbeda.Diantara teman-teman mungkin ada yang memiliki bahasa daerah yang berbeda  dan ada juga keberagaman ketrampilan . Keberagaman itu tidak menghalangi kita untuk berteman dengan semua teman kita disekolah.

Dalam kehidupan sehari-hari kita harus saling menghargai antarteman dan juga saling tolong menolong antar teman. Saling menghargai dan tolong menolong meruakan pengamalan Pancasila sila ke dua Pancasila. Pelajar merupakan generasi penerus bangsa. Dalam kehidupan sehari-hari, rasa persaudaraan perlu ditumbuhkan di lingkungan sekolah agar tercipta kerukunan.

Apabila terdapat perbedaan, kita harus mendahulukan kepentingan bersama. Dengan demikian kita dapat menerapkan rasa cinta tanah airdan bangsa. Menjaga persatuan dan kesatuan disekolah merupakan pengamalan sila ketiga Pancasila yang dilambangkan dengan gambar pohon beringin

 

Latihan!

  1. Rumah Shinta kebanjiran. Shinta tidak dapat pergi kesekolah karena peralatan sekolahnya rusak. Komang teman sekelas Shinta mengetahui kejadian tersebut. Menurutmu, apa yang harus dilakukan Komang?
  2. Tulislah 2 pengalamanmu dalam menghargai teman!
  3. Saling menghargai dan menghormati antarteman merupakan perwujudan sila kedua Pancasila. Bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*