Cara Membaca Arah Mata Angin dan Denah

Tahukah kalian apa itu arah mata angin?

Arah mata angin adalah panduan untuk menentukan atau menemukan arah.

Ada delapan arah mata angin, yaitu;

  • Utara
  • Timur laut
  • Timur
  • Tenggara
  • Selatan
  • Barat daya
  • Barat
  • Barat laut

Arah mata angin yang digunakan sebagai petunjuk untuk menentukan arah ini masih sering dijumpai di penduduk desa. Hal ini dapat kita temukan saat menanyakan arah atau lokasi dari suatu tempat yang kita cari atau kita tuju. arah mata angin sangat berfungsi untuk menunjukan arah dan tujuan secara akurat dan juga tepat.

Untuk dapat mengetahui arah mata angin, kita dapat menggunakan kompas dan alat navigasi lainnya seperti GPS di HP. Arah mata angin ini juga memiliki manfaat lainnya yaitu membantu untuk menemukan arah yang dituju dengan benar dan akurat, dapat membantu menentukan arah yang tepat dan sempurna bagi kapal maritim ataupun pesawat agar terhindar dari kecelakaan, untuk membantu seseorang dalam perjalanan agar tidak tersesat.

Arah mata angina juga bermanfaat untuk membantu nelayan dalam memilih waktu berlayar dan lokasi berlayar yang lebih kondusif, bahkan arah mata angin dapat berfungsi untuk membantu untuk mendeteksi cuaca sekitar.

Arah mata angin juga dapat digunakan pada Peta dan denah. Untuk mengetahui Arah mata angin dapat kita gunakan Bayangan, arah terbit matahari dan juga kompas.

 

Tahukah kalian matahari terbit dari timur, saat kita membelakangi matahari. Berarti kita menghadap barat. Lalu tangan kanan kita diarah Utara, Berarti tangan kiri kita berada diarah selatan.

Untuk menghafal arah mata angin silahkan kalian simak video berikut ini agar lebih mudah memahami ya:

Video Lagu arah mata Angin

 

Denah

Apa itu denah?

Denah adalah gambar yang menunjukkan lakasi suatu tempat. Seperti letak kota, jalan, rumah ibadah, sekolah , dan masih banyak yang lainnya. Untuk menemukan tempat pada sebuah denah, kita harus dapat membaca denah terlebih dahulu. Cara membaca denah yaitu dengan memperhatikan arah mata angin sebagai titik utama.

Setelah membaca denah kita dapat menuliskan kalimat sebagai petunjuk. Kalimat petunjuk yaitu kalimat panduan untuk memberikan arahan dengan jelas.

Contoh kalimat petunjuk antara lain;

  1. Dimana letak masjid? Kalimat petunjuknya adalah Masjid berada disebelah barat laut SD Nusantara.
  2. Dimana letak taman bermain kenanga? Kalimat petunjuknya adalah Taman bermain kenanga berada disebelah barat daya gereja
  3. Dimana letak SD Nusantara?Kalimat petunjuknya adalah SD Nusantara berada disebelah timur taman bermain
  4. Dimana Letak gereja? Kalimat petunjuknya adalah Gereja berada disebelah utara Pos Ronda

Demikian contoh membaca denah semoga dengan contoh ini kalian dapat memahami cara membaca denah lokasi suatu tempat.

Sebagai tugas silahkan kalian membuat denah rumah kalian dengan bantuan orang tua kalian, kemudian berikan penjelasannya!

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*