Sifat-Sifat Magnet

Kalian mungkin pernah menempel hiasan dipintu kulkas bukan?

Pintu kulkas menjadi indah dengan hiasan tersebut. Apakah kamu tahu hiasan yang menempel dipintu kulkas tersebut? Tahukah kamumengapa benda tersebut dapat menempel pada pintu kulkas?

Hiasan pada pintu kulkas mengandung magnet, magnet dapat menempel pada benda-benda yang terbuat dari logam. Selain hiasan pada pintu kulkas, apalagi benda yang mengandung magnet?

Sifat magnet

Megnet yang didekatkan pada paku, peniti, penjepit kertas, dan skrup akan menarik benda-benda tersebut sehingga menempel pada magnet. benda-benda yang tarik magnet tersebut terbuat dari besi. Ketika didekati magnet, paku akan tertarik ke arah magnet. begitu pula yang terjadi pada penjepit kertas, peniti, dan sekrup. jadi, magnet merupakan benda yang memiliki gaya tarik terhadap besi dan baja. Gaya yang dipengaruhi oleh magnet disebut juga gaya magnet.

Namun, tidak semua benda dapat ditarik oleh magnet. Berdasarkan kemampuan ditarik oleh gaya magnet, benda dibedakan menjadi tiga macam, antara lain sebagai beikut;

  • Ferromagnetik, adalah benda yang ditarik kuat oleh magnet. benda yang dapat ditarik kuat oleh magnet terbuat dari logam, besi dan baja.
  • Paramagnetik, adalah benda yang ditarik dengan lemah oleh magnet. Benda yang ditarik lemah oleh magnet misalnya terbuat dari logam aluminium.
  • Diamagnetik, adalah benda yang ditarik dengan lemah oleh magnet. Benda -benda yang tidak dapat ditarik magnet misalnya kayu, kertas, plastik, dan kaca.

Memiliki Kutub

Benda-benda yang ditarik magnet, ternyata menempel pada ujung magnet. hal itu disebabkan gaya magnet terbesar terletak dikedua ujung magnet. Kedua ujung magnet tersebut dinamakan kutub magnet.

Magnet mempunyai daya tarik terbesar pada kutub-kutubnya. Apabila magnet dapat bergerak bebas maka kutub magnet akan mengarah ke utara dan selatan. Bagian magnet yang mengarah ke utara dinamakan kutub utara magnet. Bagian yang mengarah ke arah selatan bumi dinamakan kutub selatan magnet.

Kalian mungkin pernah melihat kompas sebagai petunjuk arah. Apabila kompas diletakkan pada tempat yang datar , jarum kompas selalu mengarah ke utara. Mengapa jarum kompas dapat digunakan sebagai petunjuk arah? Kompas memiliki jarum yang terbuat dari magnet. magnet pada kompas dapat berputar bebas. Apabila diletakkan mendatar salah satu ujung magnet akan mengarah ke utara.

Memiliki Gaya Magnet

Gaya magnet adalah gaya yang ditimbulkan oleh magnet. gaya magnet menyebabkan benda-benda yang memiliki sifat magnetis tertarik oleh magnet. Gaya magnet dapat menembus benda-benda tertentu. Benda-benda apa saja yang dapat ditembus gaya magnet?

kekuatan gaya-gaya magnet dapat menembus benda-benda tertentu. Besarnya daya tembus gaya magnet dipenagruhi oleh beberapa faktor, antara lain jenis penghalang, ketebalan penghalang, kekuatan magnet, dan jarak magnet dengan benda.

Garis gaya magnet adalah garis-garis khayal yang menunjukkan pola garis lengkung yang terbentuk disekitar magnet. Garis gaya magnet selalu berawal dari kutub utara menuju kutub selatan magnet. garis gaya magnet akan semakin rapat saat mendekati kutub-kutub magnet. hal itu menunjukkan bahwa gaya magnet paling besar berada pada kutub-kutub magnet.

Menarik atau menolak Magnet lain

CObalah kaian dekatkan dua ujung magnet batang. Apakah yang terjadi? kedua magnet dapat saling menarik sehingga keduanya menempel tetapi juga dapat saling menolak sehingga tidak menempel. Apabila kedua magnet saling menarik, putarlah salah satu magnet tadinya saling menarik akan saling menolak.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*