Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Sebagai makhluk hidup, manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Apakah kamu mengetahui apa yang dimaksud dengan pertumbuhan dan perkembangan? Apakah perbedaan antara anak-anak dan orang dewasa? Seperti apakah ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan anak-anak hingga dewasa?

Manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan adalah proses pertambahan ukuran dan volume tubuh sehingga tubuh menjadi lebih tinggi (panjang) dan lebih berat. Adapun perkembangan adalah proses perubahan fungsi alat tubuh menuju kesempurnaan atau kematangan. Beberapa contoh perkembangan adalah kemampuan gerak, kemampuan berbicara, dan kemampuan berpikir.

Pertumbuhan dapat diamati dari ukuran tubuh anak yang semakin besar dan tinggi. Perkembangan dapat diamati dari fungsi tubuh, misalnya kaki. Kaki bayi semula belum bisa digunakan untuk berjalan, lalu bisa digunakan untuk berjalan.

Contoh; pertumbuhan dan perkembangan pada manusia. Anak yang baru lahir (bayi) belum dapat berjalan. Setelah berumur satu tahun, anak tersebut mulai dapat berjalan.

Masa pertumbuhan yang dimulai sejak anak-anak merupakan masa yang sangat penting. Ada tiga kebutuhan dasar yang harus dipenuhi agar anak-anak dapat tumbuh dengan baik. Tiga kebutuhan dasar tersebut, antara lain kesehatan dan gizi seimbang, kasih sayang, serta stimulasi.

Kesehatan dan Gizi seimbang

Pemberian gizi seimbang dimulai dengan pemberian air susu ibu (ASI) selama enam bulan pertama sejak anak dilahirkan. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemberian makanan bergizi seimbang. Selain makanan, setiap anak juga harus mempunyai waktu tidur yang cukup. Balita berusia 3-5 tahun setidaknya membutuhkan waktu tidur selama 10-12 jam sehari. Semakin bertambahnya usia, waktu tidur berkurang menjadi kira-kira 8 jam sehari. kekurangan waktu tidur dapat menurunkan kekebalan tubuh. Selain itu, anak yang kurang tidur dapat terhambat pertumbuhannya. Nah, berapa jam kamu tidur tiap hari?

Kasih Sayang

Setiap anak perlu mendapatkan kasih sayang dan perhatian dari keluarga, terutama dari orang tua. Kasih sayang orang tua akan sangat memengaruhi pembentukan karakter dan kepribadian anak. kasih sayang dapat berupa perhatian, rasa aman dan nyaman, serta pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Stimulasi

Stimulasi adalah kegiatan merangsaang otak anak untuk belajar. Orang tua berkewajiban memberikan stimulasi untuk anak, misalnya melatih bayi melakukan gerakan fisik menggunakan tangan dan kaki, serta berkomunikasi sesuai tahapan usia anak. Untuk anak usia sekolah, beberapa stimulasi yang dapat diberikan misalnya melukis, bermain musik, olahraga, dan membaca puisi.

Tahap Pertumbuhan dan perkembangan Manusia

Pertumbuhan dan perkembangan manusia dibagi mmenjadi beberapa tahap, antara lain tahap bayi, balita (bawah lima tahun), anak-anak, remaja, dewasa, dan lansia.

  • Bayi yang baru lahir sangat bergantung pada orang tuanya. Bayi membutuhkan gizi yang cukup agar dapat tumbuh dengan baik. Beberapa waktu kemudian, bayi akan senang memegang benda-benda yang ada disekitarnya. Aktivitas itu merupakan cara bayi mempelajari lingkungannya. Oleh karena itu, orang tua harus selalu memperhatikan dan menjaga dengan penuh kasih sayang.
  • Balita merupakan masa ketika manusia berumur dua sampai lima tahun. Anak-anak balita banyak menggunakan energinya untuk melakukan aktivitas berjalan, berlari, dan melompat. Mereka semakin dapat berbicara dan berkomunikasi dengan orang lain. Perhatian dan pendampingan orang tua sangat diperlukan agar balita dapat tumbuh dengan baik.
  • Anak-anak adalah masa yang dilalui manusia yang belum dewasa atau belum mengalami masa pubertas. Anak-anak sudah mulai bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan. Anak-anak juga sudah mulai bisa mandiri. Pendampingan orang tua juga sangat diperlukan agar anak-anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Imunisasi

Bayi dan anak-anak wajib diimunisasi. Imunisasi akan meningkatkan kekebalan tubuh bayi dan anak sehingga tubuh mampu melawan penyakit. Jika anak tidak diimunisasi, anak tersebut tidak memiliki kekebalan terhadap suatu penyakit sehingga mudah tertular penyakit berbahaya. Beberapa jenis imunisasi yaitu imunisasi Hepatitis B, Polio, BCG (Bacillus Calmette Guerin), DPT (Difetri, Pertutis, Tetanus) campak, cacar air, dan MMR ( Measles, Mumps, Rubella).

  • Remaja adalah masa yang dikenal dengan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Pada masa remaja terjadi pertumbuhan  dan perkembangan tubuh, otak, dan keterampilan. Laki-laki dan perempuan mengalami pubertas. Perhatian orang tua sangat diperlukan agar para remaja dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.
  • Dewasa adalah masa dimana manusia sudah melewati masa pubertas. pada masa ini, manusia sudah dianggap mampu berpikir secara matang. Pada masa ini, manusia mulai berkeluarga dan memiliki keturunan.
  • Lansia (lanjut Usia) adalah masa dimana manusia berusia lebih dari 65 tahun. Ciri fisik lansia, antara lain rambut yang semula hitam berubah menajdi putih (beruban), Kulit semakin keriput, serta massa otot dan tulang yang semakin menurun. Kemampuan melihat dan mendengar juga berkurang.

Demikian penjelasan tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia khususnya Tahapan Pertumbuhan dan perkembangan Manusia dari bayi hingga lansia, semoga postingan ini bermanfaat.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*