Tema 7; Sub Tema 3 : Perkembangan Teknologi Komunikasi

Menemukan Kalimat Utama dari Teks tentang Perkembangan Teknologi Komunikasi

Kita dapat memperoleh informasi dengan membaca berbagai sumber. Salah satu sumber untuk memperoleh informasi tentang perkembangan alat komunikasi adalah dengan membaca teks. Setelah membaca teks, kita dapat menemukan kalimat utama dalam setiap paragraf. Setelah mengetahui kalimat utama sebuah teks, kita dapat r-nenyajikannya dalam bentuk peta pikiran.

Ayo, simaklah cuplikan teks berikut!

Salah satu alat komunikasi modern adalah telepon. Telepon digunakan untuk menyampaikan pesan suara. Bi-asanya, telepon digunakan untuk membantu urusan pe-kerjaan. Telepon juga dapat digunakan untuk berkomuni-kasi dengan keluarga dan teman. Telepon bahkan dapat digunakan sebagai sarana hiburan.

Kalimat utama paragraf tersebut adalah salah satu alat komunikasi modern adalah telepon.

 

Menemukan Gagasan Pokok dari Teks tentang Perkembangan Teknologi Komunikasi

Kita dapat mencari arti kata-kata yang belum kita ketahui artinya di KBBI. Setelah mengetahui artinya, kita dapat menentukan kalimat utama dan gagasan pokok setiap paragrafnya. Setelah menemukan kalimat utama dan gagasan pokok setiap paragraf, kita dapat menyusun gagasan pokok teks secara keseluruhan yang menjelaskan isi teks.

 

Ayo, simaklah cuplikan teks berikut!

Telegraf adalah suatu alat untuk mengirim dan menerima pesan jarak jauh. Telegraf menggunakan listrik untuk mengirimkan pesan dengan menggunakan tembaga. Pesan yang dikirim dan diterima berbentuk sinyal dan kode-kode sederhana yang dikenal dengan kode morse.

Kalimat utama : Telegraf adalah suatu alat untuk mengirim dan menerima pesan jarak jauh.

Gagasan pokok : Pengertian telegraf / kegunaan telegraf.

 

Menemukan Informasi Penting dari Teks tentang Perkembangan Teknologi Komunikasi

Perkembangan teknologi komunikasi mendorong berkembangnya alat komunikasi. Sekarang sudah ditemukan telepon genggam, sehingga lebih mudah berkomunikasi. Teknologi komunikasi dan informasi semakin berkembang dengan ditemukannnya internet. Melalui jaringan internet. kita dapat berkomunikasi menggunakan telepon pintar.

Ingat! Setelah membaca sebuah teks, kita dapat menemukan kalimat utama dalam sebuah paragraf. Setelah mengetahui kalimat utama, kita dapat menemukan gagasan pokok paragraf tersebut. Setelah menentukan gagasan pokok, kita dapat memperoleh informasi dari teks tersebut.

Ayo, simaklah cuplikan teks berikut!

Internet memiliki jaringan yang sangat luas. Pengguna internet dapat mencari informasi apa saja yang dibutuhkan. Mulai dari pendidikan hingga hiburan.

Kalimat utama : Internet memiliki jaringan yang sangat luas.

Kalimat pendukung :

  • Pengguna Internet dapat mencari informasi ape saja yang dibutuhkan_
  • Mulai dan pendidikan hingga hiburan.

 Gagasan pokok : jaringan Internet yang luas.

Gagasan pendukung : pengguna Internet dapat mencan informasi di Internet.

Informasi dari teks :

  • Internet memiliki jaringan yang sangat luas.
  • Pengguna Internet dapat mencari informasi apa saja yang dibutuhkan

 

Menemukan Informasi dari Teks tentang Perkembangan Teknologi Komunikasi

Bidang komunikasi merupakan bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Kita bisa berkomunikasi dengan anggota keluarga, teman, dan saudara. Kita dapat berkomunikasi dengan jarak dekat atau jarak jauh. Alat komunikasi membantu kita untuk berkomunikasi dengan teman yang tinggal jauh dari kita. Alat komunikasi mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Ayo, kita akan mencemati teks tentang alat komunikasi pada zaman dahulu.

Ketika membaca teks, kadang-kadang kita menemukan kata sulit yang belum kita ketahui artinya. Kita perlu mencari arti kata sulit tersebut untuk dapat mengetahui isi teks.  Setelah mengetahui arti kata sulit, kita dapat memahami isi teks tersebut.

Bacalah teks berikut dengan cermat!

Sinyal Asap Sebelum ada perkembangan teknologi komunikasi seperti saat ini, manusia berkomunikasi menggunakan sinyal asap. Sinyal asap pertama kali digunakan pada zaman Yunani Kuno (522 — 486 SM). Sinyal asap digunakan dengan cara seorang yang berdiri dan menyalakan api. Seseorang tersebut membuat pesan dari asap yang ditimbulkan oleh api tersebut. Pesan akan diterima dan dimengerti oleh orang-orang yang dituju. Pada zaman Tiongkok kuno, sinyal asap digunakan oleh para tentara yang berjaga di Tembok Besar Tiongkok. Sinyal asap digunakan mereka untuk sating mengingatkan jika ada serangan musuh. Sinyal asap dikirimkan dari satu menara ke menara lainnya. Saat ini, komunikasi menggunakan sinyal asap masih dapat ditemui di Kota Roma, Italia. Sinyal asap digunakan untuk menandakan terpilihnya Paus yang baru. Asap putih yang keluar dari cerobong asap gereja menandakan bahwa Paus baru telah terpilih.

Carilah Arti Kata berikut Mengunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia :

  1. Teknologi
  2. Sinyal
  3. Kuno
  4. Menara
  5. Komunikasi

 

Menjelaskan Informasi dari Teks tentang Perkembangan Teknologi Komunikasi

Kita dapat mengetahui berbagai informasi dari sebuah teks. Untuk mengetahui sejauh mana informasi yang kita peroleh dari sebuah teks, kita dapat melakukan sebuah permainan dengan teman. Misalnya, dengan permainan melengkapi kalimat rumpang.

Bacalah teks berikut dengan saksama!

Kentungan sebagai Alat Komunikasi Tradisional Kentungan merupakan salah satu alat komunikasi tradisional. Awalnya, kentungan berfungsi sebagai alat komunikasi dari Tiongkok. Mereka menggunakannya pada upacara ritual keagamaan. Kentungan sudah dikenal di Indonesia sejak zaman dahulu. Kentungan sudah ada di Nusantara sejak masa Kerajaan Majapahit. Saat itu, kentungan digunakan sebagai al nanda azan, penanda bahaya, atau sekadar alarm.

Seiring perkembangan teknologi komunikasi, kini kentungan sudah jarang digunakan. Hal ini karena suara kentungan dianggap tidak cukup keras sehingga masyarakat beralih menggunakan pengeras suara yang lebih modern. Walaupun demikian, kentungan tidak benar-benar punah. Beberapa daerah di Indonesia masih menggunakan kentungan sebagai alat komunikasi.

Pilihlah Kata-kata berikut untuk melengkapi kalimat dibawah ini!

  • alarm
  • tradisional
  • pengeras suara
  • komunikasi

 

Kentungan merupakan salah satu alat komunikasi ___________________. Kentungan digunakan sebagai __________________. Seiring perkembangan teknologi __________________, kentungan sudah jarang digunakan. Masyarakat beralih menggunakan _________________________ yang lebih modern.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*