Menemukan Informasi dari Teks tentang Perkembangan Teknologi Produksi pangan

Menemukan Informasi dari Teks tentang Perkembangan Teknologi Produksi pangan

Negara Indonesia kaya akan sumber daya alam. Diantaranya adalah sumber daya alam berupa tumbuhan. Berbagai penis tumbuhan dibudidayakan untuk menghasilkan produk-produk pertanian yang bermanfaat, misalnya bahan makanan. Produk-produk pertanian itu dapat ditingkatkan manfaatnya dengan menggunakan teknologi yang disebut teknologi pangan. Berkemangnya teknologi pangan memberikan manfaat bagi manusia.

Informasi tentang perkembangan produksi pangan dapat kita peroleh dari teks yang kita baca. Teks dapat berupa bacaan, gambar, atau tabel. Setelah membaca teks, kita dapat menemukan informasi dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang teks tersebut.

Teknologi Pangan

teknologi pangan adalah Penggunaan ilmu pengetahuan untuk pengolahan makanan. Teknologi pangan dapat menghasilkan makanan baru dan menjaga makanan agar tidak cepat membusuk.

Contoh Hasil Teknologi Pangan

Berikut ini adalah contoh hasil teknologi pangan :

  • Kacang kedelai dapat diolah menjadi tahu, tempe, kecap dan susu kedelai.
  • Susu sapi dapat diolah menjadi Mentega, Keju, Susu bubuk Yoghurt

Ayo, simaklah cuplikan teks berikut!

Tempe merupakan makanan khas Indonesia. Tempe disenangi oleh banyak kalangan dari segala usia. Selain enak dan murah, tempe juga mengandung banyak sekali manfaat bagi tubuh, diantaranya vitamin B2 dan asam lemak yang bermanfaat untuk tubuh.

Menurut kalian mengapa Tempe banyak disukai banyak orang? silahkan tulis pendapatmu!

Menjelaskan Informasi dari Teks tentang Perkembangan Teknologi

Produksi Pangan Bahan-bahan makanan tidak hanya diperoleh dari produk pertanian, tetapi juga dari produkĀ  peternakan. Contoh hewan yang diternakan adalah ayam. Kita dapat memanfaatkan daging ayam dan telurnya sebagai bahan makanan. Produk hewan berupa daging ayam dapat diolah menggunakan teknologi sehingga memberikan lebih banyak manfaat.

Informasi tentang perkembangan produksi pangan dapat kita peroleh dari teks. Misalnya, jika kita melihat teks berupa gambar, kita dapat menggali informasi dari hal-hal yang ingin kita ketahui dengan membuat kalimat pertanyaan.

Ayo, amatilah gambar berikut!


1. Apa nama makanan yang tampak pada gambar?

2. Apa saja bahan yang digunakan untuk membuat makanan tersebut?

Menemukan Kata Kunci pada Teks tentang Perkembangan Teknologi Produksi Pangan

Selain produk pertanian dan peternakan, negara Indonesia juga kaya dengan produk perikanan. Ikan dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan memiliki gizi yang tinggi. Perkembangan teknologi produksi pangan juga dimanfaatkan bidang perikanan. Kita harus bersyukur karen wilayah perairan Indonesia menyimpan kekayaan yang luar biasa.

Informasi tentang teknologi produksi pangan di bidang perikanan dapat kita peroleh dan teks. Di dalam teks terdapat kata-kata kunci yang berhubungan dengan informasi yang disampaikan. Kata kunci tersebut terdapat pada setiap paragraf.

Ayo, simaklah cuplikan teks berikut!

Dalam dunia pangan, manusia mengenal pengawetan makanan. Pengawetan makanan memiliki tujuan agar makanan tidak cepat rusak sehingga dapat dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Seiring dengan perkembangan teknologi, pengawetan makanan juga dilakukan secara modern.

Berikut kata-kata penting dalam dalam teks tersebut!

Contoh kalimat

Pengawetan : Pak Dedi sedang melakukan pengawetan ikan asin.

Pangan : Perkembangan teknologi produksi pangan sangat bermanfaat bagi manusia.

Menentukan Gagasan Pokok Setiap Paragraf dari Teks tentang Perkembangan Teknologi Produksi Pangan

Teknologi pangan dapat menghasilkan makanan baru yang lebih tahan lama. Contoh makanan baru yang dihasilkan dari tumbuhan adalah nata de coco yang merupakan hasil dari olahan air kelapa. Contoh makanan baru yang dihasilkan dari hewan adalah keju yang merupakan olahan dari susu sapi. teknologi pangan akan berkembang sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan.

Kita dapat mencermati informasi perkembangan teknologi produksi pangan dari teks yang disajikan berupa bacaan atau gambar. Setiap teks bacaan tersusun atas paragraf-paragraf. Setiap paragraf terdapat pokok pikiran.

Pokok pikiran disebut juga dengan gagasan pokok. Kalimat utama berada diawal paragraf. Untuk mencari gagasan pokok, kalian dapat mengambil dari kalimat utama.

Ayo, simaklah cuplikan teks berikut!

Produk yang dihasilkan dari tumbuhan merupakan produk pertanian dan perkebunan. Misalnya, padi, jagung, singkong, kedelai, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Hasil pertanian dan perkebunan itu diperlukan manusia setiap hari sebagai bahan pangan.

Kalimat utama : Produk yang dihasilkan dari tumbuhan merupakan produk pertanian dan perkebunan.

Gagasan pokok : Produk pertanian dan perkebunan dihasilkan dari tumbuhan.

Pengolahan Singkong

Di daerah Sumatra Barat, singkong diolah menjadi berbagai macam makanan. Mulai dari lauk pauk hingga makanan ringan. Gulai singkong, kue talam singkong, dan kacimuih merupakan makanan yang biasa dibuat untuk konsumsi sehari-hari. Singkong goreng juga sering dibuat di rumah. Daya tahannya paling lama adalah dua hari.

Teknologi pangan memiliki peran penting dalam mengolah singkong. Teknologi pangan memberikan nilai lebih bagi bahan makanan hasil panen melalui berbagai cora. Tekniknya adalah melalui pengawetan, pengemasan, dan penyimpanan. Dengan demikian, singkong dapat dinikmati dalam Jangka waktu lebih.

Dengan adanya teknik pengawetan dan pengemasan bahan pangan, singkong dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Singkong diolah menjadi dakak-dakak, karak kaliang, rendang singkong, don kerupuk singkong pedas. Teknik pengemasan yang baik, mampu membuat makanan tersebut awet hingga 3 bulan atau Iebih.

Tentukan kalimat utama dari teks bacaan di atas

1. Paragraf 1: Di daerah Sumatera Barat, singkong diolah menjadi berbagai macam makanan.

 

2. Paragraf 2 :

 

3. Paragraf 3 :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com