Sifat-Sifat Cahaya

Dalam melihat benda, garuslah ada cahaya, ada bend ayang dilihat dan mata yang sehat. bagaimana dengan benda yang berwarna yang berwarna hitam dan putih? Benda akan tampak hitam jika benda tersebut menyerap semua cahaya. benda akan terlihat putih jika benda tersebut memantulkan semua warna cahaya. Maka bila siang hati, kamu memakai baju hitam, kamu akan kepanasan karena semua warna cahaya diserap bajumu dan berubah menjadi energi panas.

Sifat-sifat cahaya ;

  1. Cahaya merambat lurus, pernahkah kamu berjalan di tempat gelap? saat gelap, kita bisa menyalakan lampu untuk menerangi jalan. Ketika lampu menyala, bagaimana arah rambatan cahaya yang keluar dari dari lampu tersebut? Cahaya merambat lurus.
  2. Cahaya menembus benda bening, Cahaya menembus benda bening dapat terlihat jika kita meletakkan plastik bening atau gelas kaca ke arah sinar lampu. Sinar tersebut dapat kita lihat karena cahaya dapat menembus benda bening. Jika cahaya mengenai benda yang gelap (tidak bening) misalnya pohon, tangan, mobil, maka akan membentuk bayangan. Benda-benda yang memiliki sifat transparan disebut benda bening, seperti kaca, air jernih, gelas, botol dan lain-lain.
  3. Cahaya dapat dipantulkan, Pernahkah kalian mengamati benda disekitar kalian. Kenapa benda tersebut dapat dilihat oleh mata kita? Benda tersebut dapat terlihat oleh mata kita karena adanya pantulan cahaya dari benda menuju mata. hal ini merupakan salah satu sifat cahaya yaitu cahaya dapat dipantulkan jika mengenai suatu permukaan. Pantulan cahaya dibedakan menjadi dua yaitu; Pemantulan teratur, pemantulan cahaya oleh permukaan bidang yang rata. Pemantulan baur/difus, pemantulan cahaya oleh permukaan benda yang tidak rata. 

Pemantulan teratur dapat terjadi pada ;

  • Cermin Datar
  • Cermin Cembung
  • Cermin Cekung

Pemantulan Pada Cermin Datar

Berdirilah tegak didepan cermin dan perhatikan bayanganmu! pemantulan pada cermin datar dapat membentuk bayangan yang memiliki sifat;

  • maya
  • sama tegak dengan bendanya
  • tinggi bayangan sama dengan tinggi benda
  • bayangan terbalik arah kkiri dan kanan

Pemantulan pada cermin Cembung

Pemantulan pada cermin cembung dapat membentuk bayangan yang memiliki sifat;

  • Maya (semu)
  • sama tegak dengan bendanya
  • lebih kecil dari benda

Contoh-contoh pemanfaatan cermin cembung dalam kehidupan sehari-hari, Spion mobil, Cermin dibelokan jalan

Pemantulan pada cermin Cekung

Cermin cekung bersifat mengumpulkan cahaya. Sifat-sifat bayangan yang dibentuk pada cermin cekung bergantung pada letak atau posisi benda.

Contoh pemanfaatan cermin cekung dalam kehidupan sehari-hari,

  • sebagai pemantul pada lampu sorot mobil atau senter (reflektor)
  • Sebagai pengumpul cahaya bintang pada teropong bintang (teropong cermin)
  • cermin rias agar objek terlihat lebih besar

4. Cahaya dapat dibiaskan

Pembiasan adalah pembelokan sinar, karena sinar melalui dua medium yang berbeda kerapatannya. Contoh pembiasan cahaya; pensil yang dimasukkan ke dalam gelas berisi air nampak seperti petah. Ikan yang berada dikolam nampak lebih dekat daripada keadaan yang sebenarnya. Dasar kolam nampak lebih dangkal dari pada keadaan yang sebenarnya.

5. Cahaya dapat diuraikan

Pernahkah kalian mengamati permukaan campact disk (CD)? Apa yang kamu lihat? Ambilah CD bekas, taruh di bawah cahaya lampu dan lihatlah permukaan bagian belakang CD itu akan terlihat berkilauan berwarna-warni. Cahaya putih dapat terurai menjadi warna-warna cahaya bila melalui dua medium berbeda. Peristiwa peruraian cahaya ini disebut dispersi cahaya. Contoh peristiwa alam yang diakibatkan oleh penguraian cahaya adalah pelangi.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*