Bagian Telinga, Gangguan Telinga dan Memelihara kesehatan Telinga

Kita dapat mendengar suatu bunyi di sekitar kita karena adanya bunyi/suara yang masuk melalui telinga kita. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Cobalah tutup telingamu dengan kedua tangan. Apakah kamu dapat mendegar? Mungkin kamu masih dapat mendengar, tetapi suara yang kamu dengar pasti terdengar sangat eplan.

telinga merupakan indra untuk mendengar. Setiap hari kita mengengar bermacam-macam bunyi, tetapi tidak semua bunyi dapat kita dengar. Telinga kita hanya dapat mendengarkan bunyi yang berfrekuensi antara 20-20.000 getaran per detik (hertz/Hz). Suara dengan frekuensi tersebut dinamakan bunyi audiosonik.

bagian-bagian telinga

Apa saja bagian-bagian telinga itu sehingga kita bisa mendengar?

Perhatikan gambar telinga dan bagian-bagiannya berikut ini;

Telinga terdiri dari bagian luar, tengah dan dalam. Berikut penjelasannya;

Telinga bagian Luar

  • Daun telinga berfungsi mengumpulkan suara
  • Liang telinga, berfungsi untuk meneruskan suara ke gendang telinga
  • gendang telinga/ membran timpani, berupa selaput tipis yang mudah robek, berfungsi menangkap getaran suara dan meneruskannya ke tulang-tulang pendengaran.

Telinga bagian tengah

Terdiri dari ;

  • Tulang-tulang pendengaran (tulang martil, landasan dan sanggurdi), fungsinya meneruskan getaran suara dari gendang telinga ke rumah siput.
  • Saluran Eustachius, fungsinya menyeimbangkan tekanan udara di dalam dan luar telinga, Saluran ini menghubungkan rongga telingan dan rongga hidung.

Telinga Bagian dalam

terdiri dari ;

  • Tiga tulang setengah lingkaran, berfungsi menjaga keseimbangan tubuh
  • Koklea/rumah siput, berfungsi sebagai tempat melekatnya ujung-ujung saraf auditori/pendengaran
  • Saraf auditori/ saraf pendengaran, berfungsi meneruskan rangsangan suara ke otak.

Cara kerja Telinga

Bagaimana proses kerja telinga sehingga dapat mendengar, berikut tahapannya;

  • Suara dari lingkungan masuk ke telinga melalui udara
  • Suara menggetarkan gendang telinga
  • getaran ini diteruskan oleh tulang-tulang pendengaran ke telingan bagian dalam sampai ujung-ujung saraf pendengaran.
  • Saraf auditori meneruskannya ke otak sehingga kita dapat mendengar.

Gangguan pada telinga

telinga merupakan salah satu organ yang sangat penting. Sebagai organ tubuh yang lemah, telinga bisa mengalami kelainan maupun terserang penyakit. Misalnya, Tuli, dan otitis media.

  • Tuli adalah ketidakmampuan telinga untuk mengdengarkan bunyi atau suara. Tuli dapat disebabka oleh adanya kerusakan pada gendang telinga, tersumbatnya ruang telinga, atau rusaknya saraf pengengaran. Pada orang yang telah berusia lanjut, tuli biasanya disebabkan oleh gendang telinga yang kaku atau hubungan antar tulang pendengaran kurang baik.
  • Otitis Media biasa dikenal dengan istilah congek adalah penyakit telinga yang biasanya disebabkan oleh infeksi pada bagian telinga tengah. infeksi biasanya berasal dari saluran penghubung telinga dan rongga hidung, Gejalanya adalah telinga mengeluarkan cairan berbau tidak sedap bercampur nanah.

Memelihara kesehatan Telinga

Agar telinga kita selalu sehat, maka kita harus menjaga dan membersihkannya secara teratur. berikut beberapa tips merawat  telinga;

  1. Pada dasarnya telinga memiliki mekanisme membersihkan dirinya sendiri. Ada gerakan aktif pada telingan untuk menghilangkan kotoran atau debu. membersihkan dengan cotton bud sebenarnya mendorong kotoran semakin kedalam. Sebaiknya konsultasikan ke dokter jika kotoran telinga tersebut sangat mengganggu. biasanya, dokter menyarankan untuk menggunakan obat tetes atau penyedot kotoran telinga.
  2. membersihkan telinga dengan menggunakan benda yang lunak seperti kapas pembersih hanya dianjurkan untuk daun telinga. Hindari membersihkan telingan dengan benda yang keras dan tajam karena dapat merobek gendang telinga dan melukai liang telinga.
  3. Tutuplah telingamu bila mendadak ada suara petir atau suara lain yang sangat keras, suara keras dapat merobek gendang telinga kita.
  4. Hindari menggunakan headset karena radiasi headset bisa membuat telinga sakit. Gunakan headset seperlunya saja.

Demikian penjelasan tentang bagian-bagian telinga, gangguan telinga dan juga cara menjaga kesehatan telinga semoga bermanfaat dan membantu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*