Energi Cahaya, Energi Kimia, Energi Listrik dan Energi Magnet

Energi Cahaya

Cahaya merupakan salah satu bentuk energi yang dihasilkan oleh sumber cahaya. Contoh sumber cahaya adalah matahari, bintang api, lampun senter, kilat kunang-kunang, lilin dan lain-lain.

Energi cahaya dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk membantu proses fotosintesis. Energi cahaya dimanfaatkan manusia untuk penerangan dan pemanasan.

Energi Kimia

Energi kimia adalah energi yang dihasilkan oleh reaksi kimia. Reaksi kimia terjadi bila ada pencampuran dua atau lebih zat yang berbeda dan menghasilkan bentuk energi yang lain seperti energi gerak (kinetik), Energi cahaya, energi bunyi dan lainnya.

Pencernaan makanan akan menghasilkan energi untuk melakukan aktifitas sehari-hari, oleh karena itu makanan merupakan sumber energi kimia.

Pada kendaraan bermotor, bahan bakar minyak mengalami pembakaran dalam mesin, sehingga dapat menggerakkan kendaraan bermotor. Pembakaran merupakan salah satu reaksi kimia, maka BBM termasuk sumber energi kimia.

Lampu senter dapat menyala karena energi kimia yang tersimpan dalam baterai.

Energi Listrik

Listrik merupakan salah satu bentuk energi yang timbul akibat adanya muatan lsitrik.

Contoh energi listrik yaitu penggaris plastik yang digosokkan ke rambut dapat menarik potongan-potongan kertas kecil, kilat listrik menyalakan lampu.

Energi Magnet

Ditinjau dari sifat kamagnetannya benda dibedakan menajdi 2 jenis yaitu benda magnetis dan non magnetis. Benda magnetis adalah benda-benda yang dapat ditarik magnet, sedangkan benda non magnetis adalah benda yang tidak dapat ditarik magnet.

ENergi magnet didefinisikan sebagai kemampuan suatu benda yang bersifat magnet untuk menarik benda-benada magnetis.

 

Baca Juga :

  1. Energi Panas
  2. Energi Cahaya, Energi Kimia, Energi Listrik, dan Energi Magnet
  3. Energi Mekanik dan Energi Bunyi
  4. Bentuk-Bentuk Energi
About Robert Kris 495 Articles
Berkah Dalem

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*