Gaya Magnet

benda magnetis dan non magnetis

Apakah kalian memiliki hiasan yang menempel di kulkas seperti pada gambar diatas. mengapa hiasan-hiasan tersebut dapat menempel pada pintu kulkas? apakah hiasan-hiasan tersebut juga dapat menempel pada benda yang lain?

Benda -benda tersebut dapat menempel pada pintu kulkas karena memiliki gaya magnet. Gaya magnet adalah gaya yang dihasilkan oleh magnet. Gaya magnet juga termasuk gaya tak sentuh. gaya magnet bekerja di semua medan / wilayah yang amsih terpengaruh gaya magnet tersebut.

Tidak semua benda dapat ditarik oleh magnet. benda yang dapat ditarik magnet disebut benda magnetis dan benda yang tidak dapat ditarik magnet  disebut benda non magnetis. Magnet hanya dapat menarik benda yang terbuat dari logam. Namun, tidak semua logam dapat diatarik magnet. Benda yang terbuat dari besi, baja, kobalt dan nikel dapat ditarik kuat oleh magnet. benda yang dapt ditarik magnet disebut feromagnetis. Logam yang lemah ditarik oleh magnet disebut paramagnetis. Conthnya adalah benda yang terbuat dari alumunium, wolfram, dan platina. Sedangkan logam yang tidak dapat ditarik oleh magnet disebut diamagnetis. Contohnya Emas, seng, perak, dan tembaga.

 

Baca Juga : 

  1. Gaya Otot
  2. Gaya Gesek
  3. Gaya grafitasi
  4. Gaya Pegas
  5. Gaya listrik

 

About Robert Kris 495 Articles
Berkah Dalem

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*