Gaya Gesek

Apa itu gaya gesek? Coba kalian gosokkan kedua telapak tanganmu kemudian rasakan, apa yang terjadi pada telapak tanganmu? Pernahkah kamu berjalan di lantai yang licin? apa yang kamu lakukan ketika berjalan dilantai yang licin? mengapa demikian? Masalah ini ada hubungannya dengan gaya gesek. Gaya gesek merupakan gaya yang menimbulkan hambatan ketika permukaan dua benda saling bersentuhan. Arah gaya gesek berlawanan dengan arah gerka benda.

Gaya gesek dapat mengakibatkan aus permukaan suatu benda. Pernahkah kamu memperhatikan ban sepedamu yang sudah lama dipakai dengan ban sepeda yang baru. Samakah keadaan permukaannya? Hal ini terjadi karena permukaan ban sepada selalu bergesekan dengan permukaan jalan. Memperhalus suatu benda dapat memperkecil gaya gesek. Dalam kehidupan sehari-hari, kamu tentu pernah melakukan kegiatan untuk memperkecil gaya gesek, misalnya memberi pelumas pada rantai sepeda agar sepeda mudah dikayuh. Tetapi gaya gesek juga bermanfaat dalam ehidupan kita. dengan memperbesar gaya gesek, kita tidak akan tergelincir saat berjalan. Alas sepatu biasanya terbuat dari karet dan dibuat beralur-alur untuk memperbesar gaya gesek. Alas sepatu demikian membantu kita berjalan di lantai yang licin sehingga tidak terpeleset.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa gaya gesek memiliki manfaat dan kerugian, Gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari bermanfaat untuk membantu benda agar tidak tergelincir atau slip saat bergerak dan menghentikan benda yang sedang bergerak. Selain itu, gaya gesek juga merugikan. Contoh gaya gesek yang dapat menyebabkan benda sering bergesekan menjadi aus (alas sepatu makin lama makin halus dan licin) dan menghambat gerak suatu benda sehingga kita harus memberikan tenaga yang lebih besar (mendorong lemari di lantai yang kasar akan semakin berat).

 

Baca Juga :

  1. Gaya Otot
  2. Gaya grafitasi
  3. Gaya Pegas
  4. Gaya Magnet
  5. Gaya listrik

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*