Pemanfaatan Energi dalam Kehidupan

Sumber energy sangat membantu dalam kehidupan manusia, Melakukan penghematan dalam menggunakan energy adalah bentuk penggunaan energy secara benar. Dengan begitu semua orang dapat memanfaatkan energy.

Hak dan Kewajiban dalam Memanfaatkan Energi

  1. Memanfaatkan sumber energy dimana saja dan kapan saja
  2. Ikut mengelola sumber energy

Kewajiban dalam memanfaatkan Energi

  1. Menggunakan sumber energy dengan hemat
  2. Tidak membuang energy dengan percuma
  3. Menggunnak sumber energy sesuai fungsinya

Kewajiban Menghemat energy

Sumber daya energy diolah manusia untuk memenuhi kebutuhan energy. Sebagai contoh saat kita menonton televise kita menggunakan energy listrik, saat mengendari motor, sumber energy yang digunakan bensin. Dengan melakukan penghematan energy kalian dan generasi yang akan datang juga dapat terus meningkati sumber energy.

Cara yang dapat dilakukan untuk menghemat energy;

  1. Mematikan lampu saat tidur
  2. Mematikan peralatan elektronik saat tidak digunakan
  3. Mengajak orang tua menggunakan peralatan listrik yang hemat energi

 

Memanfaatkan Sumber Daya Air dengan baik

Air merupakan sumber daya yang dapat diperbaharui karena dapat terbentuk kembali dengan adanya siklus air. Air tanah sulit diperoleh didaerah Gunung Kidul, terutama saat kemarau. Untuk itu sangatlah penting dalam melakukan penghematan air contohnya menutup kran air saat sedang tidak digunakan, Menyiram tanaman dengan menggunakan teko penyiram, mandi dengan air seperlunya dan menutup kran saat sedang gosok gigi.

Dengan melakukan penghematan tersebut, kalian sudah membantu melestarikan sumber air bersih. Menjaga kelestarian air sangatlah penting karena makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan akan sulit bertahan hidup jika tidak ada air bersih.

Energi air dapat dimanfaatkan dan diubah menjadi listrik dan pembangkit listrik Tenaga air tanpa meninggalkan emisi gas rumah kaca seperti yang dihasilkan oleh pembangkit listrik yang menggunakan energi fosil. Berbeda dengan sumber energi terbarukan lainnya air akan terus menghasilkan tenaga non-stop dan ketersediaannya terus dihasilkan oleh adanya siklus hidrologi. Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dihasilkan dari energi potensial air yang diubah menjadi energi mekanik oleh turbin dan energi tersebut yang selanjutnya diubah untuk menjadi energi listrik oleh generator dengan memanfaatkan ketinggian dan kecepatan air. Pembangkit Listrik tenaga air (PLTA) dapat diolah dan dijadikan objek wisata. Contoh pemanfaatannya dilampung bendungan batu tegi selain sebagai PLTA juga dimanfaatkan sebagai objek wisata.

 

Soal

  1. Apa akibat bagi generasi mendatang jika kita tidak menghemat penggunaan energy?
  2. Tuliskan 3 cara yang dapat dilakukan untuk menghemat energy?
  3. Mengapa kita harus menggunakan air bersih secara bijak?
  4. Bagaimana cara menghormati hak orang lain dalam memanfaatkan air bersih?
  5. Apa saja Kewajiban kita dalam memanfaatkan Energi?
About Robert Kris 495 Articles
Berkah Dalem

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*