Bagian-bagian Bunga dan fungsinya

Bunga adalah oragan reproduksi pada tumbuhan  karena di dalamnya terdapat alat perkembangbiakan jantan dan betina. Secara umum bagian bunga dibedakan menjadi:

  • Perhiasan bunga; perhiasan bunga terdiri dari kelopak dan mahkota
  • Alat Perkembangbiakan; Alat perkembangbiakan terdiri dari putik dan benang sari. benang sari adalah alat perkembangbiakan jantan, sedangkan putik alat perkembangbiakan betina

ada tumbuhan yang berkembangbiakan tidak memakai bunga, tetapi menggunakan spora dan lain-lain. tumbuhan-tumbuhan tersebut tidak memiliki bunga, Contohnya tumbuhan yang tidak berbunga adalah tumbuhan paku (Suplir, paku tanduk rusa) dan Lumut.

Bagian-Bagian Bunga dan Fungsinya

Bunga memiliki bagian-bagian khusus, coba amati sebuah bunga! Apa saja bagian-bagian yang kalian amati?

  1. Tangkai Bunga ; berfungsi sebagai penopang dan penghubung antara bunga dan juga ranting.
  2. Mahkota Bunga, merupakan bagian bunga yang mempunyai varian warna yang menarik dan sering disebut sebagai perhiasan bunga. Mahkota bunga berfungsi sebagai pemikat serangga untuk melakukan proses penyerbukan.
  3. Kelopak Bunga; kelopak bunga atau sepal adalah bagian bunga yang berbentuk seperti daun. Kelopak sendiri berfungsi untuk melindungi mahkota bunga saat belum mekar atau masih kuncup.
  4. Benang sari dan Putik; Benang sari merupakan alat kelamin jantan sedangkan putik berfungsi sebagai alat kelamin betina. Jika benang sari telah masak, maka akan mengeluarkan serbuk sari. Serbuk sari inilah yang akan menempel pada kepala putik dan terjadilah penyerbukan.
  5. Dasar Bunga; Dasar bunga berada pada bunga bagian bawah yaitu di atas tangkai bunga. Dasar bunga berfungsi sebagai tempat kedudukan bunga itu sendiri.

Bunga sempurna dan Bunga tidak sempurna

Berdasarkan ada tidaknya alat perkembangbiakan, bunga dapat digolongkan menjadi;

  • Bunga Sempurna adalah bunga yang memiliki putik dan benang sari dalam satu bunga. Misalnya bunga mawar, melati, bunga sepatu, bunga anggrek dll.
  • Bunga Tidak sempurna adalah bunga yang hanya memiliki putik saja atau benang sari saja dalam satu bunga, misalnya tanaman salak, siwalan, emlinjo, jangung, kelapa, dan lainnya.

Bunga Lengkap dan Bunga Tak Lengkap

Berdasarkan kelengkapan bagian-bagian bunga, maka bunga dapat dibedakan:

  • Bunga Lengkap; Bunga Lengkap adalah bunga yang memiliki semua bagian bunga terutama bagian perhiasan bunga dan alat perkembangbiakan, yang meliputi kelopak bunga, mahkota bunga, benang sari, dan putik. Contohnya bunga tomat, bunga anggrek, bunga mawar dan lainnya.
  • Bunga tak lengkap;  Bunga tidak lengkap adalah bunga yang tidak memiliki bagian perhiasan bunga atau alat perkembangbiakan secara lengkap. Contohnya bunga kelapa, bunga kamboja, bunga jagung dan lainnya.

 

About Robert Kris 495 Articles
Berkah Dalem

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*