Menyajikan Hasil Penggalian Informasi Berdasarkan Teks Tulis atau Gambar

Topik adalah pokok pembicaraan dalam cerita.

Keefektifan kalimat meliputi tanda baca dan kosakata baku sesuai ejaan.

Kemampuan menguasai kosakat dapat diasah dengan cara menulis. Kalian dapat menyajikan hasil informasi berupa tulisan. Tulisan tersebut berisi kalimat-kalimat baru dari kosakata yang sudah kamu ketahui maknanya. Saat menulis, perhatikan keruntutan kalimat dan keefektifan kalimat.

Membaca cerita!

Pak Adi tinggal bersama keluarganya disebuah kampong nelayan. Kampong nelayan merupakan tempat tinggal yang sebagaia warganya mayoritas bekerja sebagai nelayan.

Pak Adi memiliki sebuah kapal kecil yang ia gunakan untuk melaut bersama dua orang temannya. Mereka berangkat melaut pada malam hari dan kembali ke darat pada pagi hari. Para nelayan dengan perahu-perahu kecil memanfaatkan angina untuk kegiatannya. Selain memanfaatkan tenaga angina, Pak Adi selalu mengecek kondisi cuaca sebelum melaut. Apabila cuaca serah, Pak Adi pergi melaut untuk mencari ikan.

Pada cerita tersebut, ada bebrapa informasi penting yang dapat kamu sajikan

  1. Pak Adi tinggal dikampung nelayan
  2. Pak Adi bekerja sebagai nelayan
  3. Pak Adi memanfaatkan tenaga angina saat melaut
  4. Pak Adi pergi melaut pada malam hari dan pulang pada pagi hari
  5. Pak Adi selalu mengecek kondisi cuaca sebelum melaut

Informasi tersebut dapat kalian rangkai menjadi sebuah tulisan baru. Selain melalui tulisan, kamu juga dapat menggali informasi lewat gambar. Caranya adalah dengan memperhatikan gambar gambar tersebut secara cermat.perhatikan tokoh, dan tempat yang ada didalam gambar. Setelah itu, kamu dapat membuat kalimat-kalimat yang dapat menjelaskan gambar tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*