Keberagaman Karakteristik Individu di Masyarakat

Keberagaman Karakteristik Individu di Masyarakat

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain. Oleh karena itu, kita dan orang lain harus hidup secara berdampingan. Orang yang tinggal di dekat rumah kita disebut tetangga. Kita memiliki banyak tetangga di sekitar rumah. Pernahkah kamu mengamati orang-orang yang menjadi tetanggamu?

Jika diamati, tetangga kita memiliki ciri tubuh yang berbeda-beda. Mereka juga berasal dari daerah yang berbeda-beda. Kebiasaan yang mereka lakukan juga berbeda-beda. Perbedaan-perbedaan itu menunjukkan adanya keberagaman dalam masyarakat. Bagaimana sikap yang benar dalam menanggapi perbedaan di masyarakat?

Pengertian Keberagaman Karakteristik Individu di Masyarakat

Masyarakat adalah kumpulan dari banyak individu. Setiap individu memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Keberagaman karakteristik individu adalah perbedaan ciri setiap orang. Setiap orang memiliki ciri khusus atau ciri khas. Bahkan dua orang yang lahir kembar juga memiliki ciri khas masing-masing. Ciri khas itulah yang membedakan seseorang dengan orang lain.

Ciri khas seseorang dapat diperoleh sejak dia lahir. Misalnya, warna kulit dan bentuk rambut. Warna kulit dan bentuk rambut seseorang diciptakan oleh Tuhan. Kita tidak dapat memilih warna kulit dan bentuk rambut ketika kita lahir.

Ciri khas seseorang juga dapat terbentuk dari lingkungan alam dan lingkungan sosialnya. Lingkungan alam adalah kondisi alam tempat tinggalnya, sedangkan lingkungan sosial adalah masyarakat yang tinggal dilingkungan tersebut. Ciri khas seseorang yang dipengaruhi lingkungan terlihat dari cara hidupnya. Misalnya, Bahasa yang digunakan untuk berbicara, cara berpakaian, kegemaran, dan agama yang dianut.

Keberagaman dalam masyarakat adalah sesuatu yang wajar. Tuhan menciptakan manusia dengan ciri fisik yang berbeda-beda. Setiap orang juga dilahirkan diberbagai daerah dengan kebiasaan yang berbeda-beda pula. Oleh karena itu, kita harus bersyukur atas perbedaan itu. Tuhan menciptakan perbedaan dalam masyarakat agar kita saling mengenal.

Soal Latihan

  1. Mengapa Manusia disebut Makhluk Sosial?
  2. Orang yang tinggal di dekat rumah kita disebut …
  3. Sebutkan 2 contoh ciri Khas seseorang yang diperoleh sejak lahir?
  4. Apakah yang dimaksud dengan Lingkungan alam dan Lingkungan Sosial?
  5. Sebutkan ciri khas seseorang yang dipengaruhi dari lingkungannya?
About Robert Kris 495 Articles
Berkah Dalem

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*