Materi Bahasa Indonesia Kelas 3; Menentukan Ide Pokok dalam Sebuah Cerita

Pada kesempatan kali ini saya mencoba menjelaskan materi Kelas 3, Tema 3 Benda-Benda di Sekitarku. dalam Sub tema kali ini kita akan membahas tentang “Menggali Informasi tentang Konsep Perubahan Wujud Benda dalam Kehidupan Sehari- Hari”.

Sebuah cerita dibuat untuk memberikan informasi kepada pembaca atau pendengarnya. Informasi dalam cerita dapat diketahui dengan menggali informasi. Menggali informasi dapat dilakukan dengan dua cara. cara pertama dengan menjawab pertanyaan yang disajikan. kemudian cara kedua dengan menentukan ide pokok cerita. sebelum menggali informasi cerita, hal terpenting yang perlu dilakukan adalah membaca dan mendengarkan. kalian perlu membaca dan mendengarkan keseluruhan isi cerita dengan seksama. dengan demikian, kamu dapat mengetahui ide pokok yang disampaikan dalam suatu cerita.

Ide pokok adalah topik atau informasi dari suatu paragraf atau teks. Ide pokok cerita berisi informasi yang penting dari suatu cerita. Ide pokok paragraf dalam suatu cerita biasanya terdapat di bagian awal atau akhir paragraf. Ide pokok disebut juga gagasan pokok, pokok pikiran atau pikiran utama. Ide pokok dapat ditentukan dari kalimat utama suatu paragraf. oleh karena itu, ide pokok dapat ditentukan dari kalimat awal atau akhir paragraf.

Contoh Menentukan Ide Pokok dalam Sebuah Cerita!

Dina berlari ketakutan mencari ibunya. Ia sangat terkejut mendengar suara nyaring dari teko air didapur. Selain itu, muncul kepulan asap dari teko. Tutup teko itu pun tampak bergerak-gerak dam membuat Dina semakin ketakutan. Dina berteriak sambil mencari ibunya.

Setelah mendengar cerita Dina yang ketakutan, ibu menjelaskaan bahwa hal yang dilihat Dina tersebut adalah proses penguapan. Peristiwa itu adalah peristiwa alami yang terjadi saat memasak air. Saat air dimasak terlalu lama, air akan mendidih dan berubah menjadi uap air. uap dan suara yang keluar dari teko yang Diana lihat merupakan penanda bahwa air yang dimasak sudah matang.

Setelah membaca paragraf dengan  seksama, kamu akan mendapat beberapa informasi. Berikut beberpaa informasi penting yang kamu dapatkan setelah membaca paragraf pertama:

a. Dina berlari ketakutan mencari ibuunya

b. Dina mendengar suara nyaring dari teko di dapur

c. teko di dapur mengeluarkan asap

d. Teko di dapur bergerak-gerak dan membuat Dina semakin takut.

Informasi dari point b,c dan d adalah informasi penjelas. Informasi tersebut menjelaskan alasan Dina berlari ketakutan (point a). Oleh sebab itu, informasi pada point a merupakan ide pokok dari paragraf pertama.

Sebagai latihan silahkan tentukan informasi yang terdapat pada paragraf kedua, kemudian tentukan ide pokoknya dari paragraf tersebut.

 

Jika membutuhkan video Pembelajarannya silahkan simak dibawah ini:

 

 

author
No Response

Leave a reply "Materi Bahasa Indonesia Kelas 3; Menentukan Ide Pokok dalam Sebuah Cerita"