PPKn  

Makna Setiap Bagian pada Lambang Garuda Pancasila

Bagian-bagian pada Lambang Garuda Pancasila :
1. Kepala
2. Leher
3. Sayap
4. Perisai
5. Ekor
6. Cakar

1.Mengapa kepala Garuda Pancasila menoleh ke kanan?
Jawaban : Kepala Garuda Pancasila menoleh kekanan hal ini menggambarkan bahwa bangsa Indonesia memihak kepada kebenaran.

2.Berapa banyak bulu yang terdapat pada leher Garuda Pancasila? Jawaban: Bulu yang terdapat pada leher Garuda Pancasila berjumlah 45 helai.

3.Berapa banyak bulu yang terdapat pada setiap sayap Garuda Pancasila? Jawaban: bulu yang terdapat pada setiap sayap Garuda Pancasila berjumlah 17 helai.

4. Apa makna perisai pada lambang negara Indonesia? Jawaban : perisai pada lambang negara Indonesia adalah tanda perjuangan dan pertahanan diri untuk mencapai tujuan negara.

5. Jelaskan Simbol sila-sila Pancasila yang terdapat pada perisai Garuda Pancasila. Jawaban : Simbol Sila Pancasila terdiri dari 5 yaitu 1) simbol Bintang untuk Sila Ketuhanan Yang Maha Esa. 2) Simbol rantai untuk sila Kemanusiaan yang adil dan beradab. 3) Simbol Pohon Beringin untuk sila Persatuan Indonesia. 4) Simbol kepala banteng untuk sila kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan 5) Simbol padi dan kapas untuk sila Keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia.

6. Berapa banyak bulu yang terdapat pada ekor Garuda Pancasila? Jawaban : bulu yang terdapat pada ekor Garuda Pancasila untuk pangkal ekor berjumlah 19 helai dan bagian ujung ekor berjumlah 8 helai.

7. Berapa banyak bulu yang terdapat pada bagian leher Burung Garuda Pancasila? Jawaban : bulu yang terdapat pada bagian leher Burung Garuda Pancasila berjumlah 45 helai

8. Apa tulisan yang terdapat pada pita putih dalam genggaman cakar burung Garuda Pancasila? Jawaban : tulisan yang terdapat pada pita putih dalam genggaman cakar burung Garuda Pancasila adalah Bhinneka Tunggal Ika yang artinya Walaupun berbeda tetapi tetap satu Jua

 

Demikian pembahasan soal-soal berkaitan dengan Makna Setiap Bagian pada Lambang Garuda Pancasila, rekan-rekan yang ingin mendapatkan file Power Pointnya bisa download dibawah ini:

File PTT

Video Youtube bisa ditonton disini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com