Membuat Fungsi dalam Ms. Excel

No comment 52 views

Setiap fungsi mempunyai struktur yang sama. Sebagai contoh, SUM(A1:A4). Nama dari fungsi ini adalah SUM. Bagian pada dalam kurung (arguments) berarti kita memberikan Ms.Excel batasan A1:A4 sebagai masukkan fungsi. Fungsi SUM berfungsi menambahkan nilai cell A1, A2, A3 dan A4. Sangat mudah bukan untuk menggunakan fungsi dan mudah mengingatnya. Ms. Excel juga menyediakan form khusus agar anda dapat menggunakan fungsi lebih mudah lagi. Untuk menggunakan fungsi melalui form tersebut ikuti cara-cara berikut ini.

  1. Pilih a cell.
  2. Klik Tombol Insert Function pada bar function (seperti gambar di bawah ini).

Cari dengan fasilitas “Search for a function” agar dapat mencari cepat fungsi yang anda mau. Sebagai contoh carilah fungsi COUNTIF dari kategori Stastical Function.

Klik OK. Maka form ‘Function Arguments’ akan muncul .

Klik pada bagian text Range dan pilih atau ketikkan the range A1:C2.

Klik pada bagian text Criteria kemudian ketik ‘>5’.

Klik OK.

Hasilnya, Ms.Excel akan menghitung number pada cell range A1:C2 yang memiliki nilai lebih dari 5 (yaitu ada 3 angka yang lebih dari 5) , sesuai dengan fungsi yang kita gunakan tadi.

Trips: Selain menggunakan form ‘Insert Function’ cara mudah adalah dengan mengetikkan langsung pada cell D1, =COUNTIF(A1:C2,”>5″).

Berikut contoh penggunaan rumus standar

catatan :
Jika takut salah jika mengetikkan atupun Anda malas untuk mengetikkan Sel yang mewakili data perkalian, maka Anda bisa hanya dengan meng-klik Sel tempat data tersebut berada.

author
No Response

Leave a reply "Membuat Fungsi dalam Ms. Excel"