Perkembangbiakan Tumbuhan

No comment 941 views

tumbuhan berkembangbiak dengan banyak cara. tahukah kamu bagaiamana tumbuhan berkembang biak? Cara tumbuhan berkembangbiak, yaitu dengan biji, Tunas, umbi dan Spora.

jambu adalah salah satu tumbuhan yang berkembangbiak dengan biji. biji jambu yang ditanam akan tumbuh menjadi pohon jambu yang baru. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas adalah pisang. Tunas pisang tumbuh dari batang pisang yang terdapat didalam tanah. Tunas muda akan tumbuh disekitar induknya dan menjadi tumbuhan baru.

Selain dengan biji dan tunas, ada juga tumbuhan yang berkambang biak dengan umbi. Umbi meruupakan bagian tumbuhan yang menggembung dan berada didalam tanah. Contohnya kentang, bawang merah dan singkong. Kentang berkembang biak dengan umbi batang. Bawang merah berkembang biak dengan umbi lapis. singkong berkembang biak dengan umbi akar.

Tumbuhan yang berkembang biak dengan spora adalah lumut dan tumbuhan paku. biasanya, tumbuhna yang berkembang biak dengan spora tumbuh ditempat yang lembap.

Perkembangbiakan Tumbuhan dengan Biji

Ada tumbuhan yang berkembangbiak dengan biji. contohnya kacang hijau, mangga, dan padi. Daur hidup tumbuhan tersebut dimulai saat biji ditanam. jika biji dutanam, akan tumbuh kecambah yang memiliki akar dan daun. Kecambah akan tumbuh menjadi tumbuhan muda. Akhirnya, tumbuhan muda tumbuh menjadi tumbuhan dewasa. Tumbuhan dewasa akan berbunga dan berbuah. dalam buah tersebut terdapat biji. iji yang ditanam akan menjadi tumbuhan baru.

rekan-rekan juga dapat melihat video materi tersebut disini

atau bagi yang membutuhkan file Power pointnya bisa downlod disini

File PTT

 

author
No Response

Leave a reply "Perkembangbiakan Tumbuhan"