Media Penyimpanan Optical (Optical Disk)

Optical Disk adalah media penyimpanan data elektronik yang dapat ditulis dan dibaca dengan menggunakan sinar laser bertenaga rendah. berikut produk – produk atau macam – macam jenis optical disk :

CD-R : Compact Disk Recordable adalah piringan pipih berbahan polikarbonat berdiameter 120 mm. Untuk mengisi CD-R dengan data diperlukan sebuah perangkat drive khusus. Proses perekamnya juga dilakukan dengan perangkat lunak khusus untuk mem burning data ke dalam CD-R. Data yang ditulis didalamnya bersifat WORM ( Write Once Read Many ), data hanya dapat diisi sekali dan selanjutnya hanya bisa dilihat / dibaca.

CD-RW : CD-RW merupakan pengembangan dari CD-R, sebenarnya dari bentuk sama dengan CD-R hanya sedikit berbeda dalam kegunaan dalam hal penyimpanan data. Perbedaanya adalah CD-RW ( Compact Disk Recordable and reWriteable ) dapat diubah datanya berkali – kali, dapat di tambah, diganti atau dihapus sewaktu – waktu.

DVD  : Digital Vesatile Disk, Salah satu jenis CD yang memiliki pita data lebih kecil, spiral data yang lebih rapat sehingga kapasitasnya sangat besar bisa mencapai 4,7GB kualitas yang dihasilkan juga lebih baik dari CD model lain.

 

author
No Response

Leave a reply "Media Penyimpanan Optical (Optical Disk)"