Lambang Pada Seragam Pramuka

No comment 414 views

Lambang-lambang pramuka yang telah dipelajari, merupakan lambang pengenal umum. Lambnag tersebut dipakai oleh semua anggota pramuka yang sudah dilantik, baik pramuka putra maupun putri. Selain mengenakan lambang gerakan pramuka Indonesia, anggota pramuka juga mengenakan lambang pramuka dunia pada pakaian seragamnya.

Lambang Pramuka Internasional

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana. Pramuka memiliki dua lambang, yaitu lambang Pramuka Indonesia dan Internasional. Lambang Pramuka Internasional dikenal dengan lambang pandu dunia atau WOSM (World Organization Scout’s of Movement atau organisasi Kepanduan Dunia). WOSM didirikan pada tahun 1922. Lambnag WOSM terdiri dari bunga lili dengan tiga ujung, kompas, dua bintang, dan tali melingkar simpul mati. Lambang tersebut berwarna putih dengan dasar berwarna ungu. DiIndonesia lambang ini menjadi salah satu tanda umum gerakan pramuka. Lambang ini ditempel pada seragam pramuka bersama dengan lambang gerakan pramuka.

Lambang WOSM dipasang di dada sebelah kanan untuk pramuka putra dan kerah baju sebelah kanan untuk pramuka putri. Bentuk lambang WOSM putra dan putri berbeda pada bentuk bingkainya. Lambang WOSM putra berbentuk segiempat, sedangkan putri berbentuk lingkaran.

Jawablah Pertanyaan berikut sesuai teks yang telah kalian baca!

  1. Selain lambang Pramuka tunas kelapa, pada seragam pramuka dipasangkan lambang lain. Lambang apakah yang dimaksud?
  2. Apa warna dasar lambang pramuka Internasional?
  3. Jelaskan bentuk lambang gerakan Pramuka Internasional?
  4. Apakah pada lambang pramuka Internasional untuk pramuka putra dan putri terdapat persamaan dan perbedaan? Jelaskan jawabanmu!
  5. Tuliskan tiga informasi mengenai lambang Pramuka internasional sesuai teks yang telah kalian baca!
author
No Response

Leave a reply "Lambang Pada Seragam Pramuka"