PPKn  

Keberagaman disekolah

Memanfaatkan Keberagaman di Sekolah

Setiap siswa disekolah memilikikeunikan sendiri yang berbeda-beda. Misalnya berbeda suku bangsa, budaya atau bahasa daerah yang digunakan. Perbedaan lainnya yaitu berbeda sifat, karakter , serta kemampuan dan keterampilan. Keberagaman dalam lingkungan sekolah memiliki manfaat bagi semua pihak disekolah. Antara lain sebagai berikut :

  1. Adanya keberagaman sifat teman disekolah membuat kita semakin menyadari bahwa kita harus hidup rukun. Kita juga harus saling menghargai antar teman.
  2. Adanya perbedaan kemampuan dan keterampilan dapat bermanfaat ketika bekerjasama dalam kelompok yang memerlukan berbagai keahlian.
  3. Adanya perbedaan dapat mengembangkan kreativitas siswa dalam berfikir.
  4. Setiap siswa memiliki kelebihan dibidangnya masing-masing. Oleh karena itu, siswa tidak selalu merasa paling pandai dikelas.
  5. Keberagaman disekolah dapat menjadi sumber belajar berkomunikasi dan bekerjasama dengan baik dalam perbedaan.

Menyikapi kebergaman disekolah

Disekolah, kita akan menemukan banyak keberagaman sifat teman. Misalnya, kita memiliki teman yang periang dan selalu ceria. Ada juga yang pendiam. Kita juga memiliki teman yang memiliki hobi atau kegemaran yang berbeda. Perbedaan itu harus kita sikapi dengan bijak agar tetap terjalin rasa persatuan diantara teman. Berikut ini contoh sikap yang perlu diterapkan dalam menyikapi perbedaan agar tetap terjalin persatuan diantara teman-teman.

  1. Saling menghargai dan menghormati
  2. Saling membantu dan menyayangi
  3. Mau bekerjasama dan berteman dengan siapa saja
  4. Saling bersikaptoleran dalam perbedaan
  5. Melestarikan keberagaman budaya bersama teman. Misalnya menggunakan pakaian dan kain tradisional pada acara tertentu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com