Materi Bahasa Indonesia, Senin 23 Maret 2020

Teknologi Pertanian

Kebutuhan Pangan Merupakan kebutuhan pokok manusia. Setiap hari, kita memerlukan bahan pangan. Bahan pangan artinya bahan makanan. Bahan pangan diperoleh dari produk-produk tumbuhan dan hewan. Tumbuhan dan hewan dibudidayakan sehingga dapat menghasilkan produk yang bermanfaat bagi manusia.

Produk yang dihasilkan dari tumbuhan merupakan produk pertanian dan perkebunan. Misalnya, padi, jagung, singkong, kedelai, sayur-sayuran dan buah-buahan. Hasil pertanian dan perkebuanan diperlukan manusia setiap hari sebagai bahan pangan.

Produk yang dihasilkan dari hewan merupakan produk peternakan dan perikanan, misalnya sapi, kambing, dan ayam. Sapi, kambing dan ayam dimanfaatkan dagingnya sebagai bahan pangan. Selain produk peternakan, kita juga mengenal produk perikanan. Berbagai macam ikan, misalnya ikan tenggiri, ikan bawal, ikan kerapu, dan ikan kembung merupakan bahan pangan yang sangat bermanfaat bagi manusia. Selain itu, ada juga hasil laut berupa udang dan cumi.

Bahan pangan yang berasal dari hewan dan tumuhan merupakan produk yang tidak tahan lama. Bahan pangan itudpaat membusuk. Bahan pangan yang sudah membusuk tidak bisa dimanfaatkan lagi. Oleh karena itu, perlu sebuah usaha untuk mengolah bahan pangan tersbut agar lebih tahan lama.

Pengolahan bahan pangan dibutuhkan teknologi disebut dengan teknologi pangan. Perkembangan ilmu pengetahuan mendorong berkembangnya teknologi pangan. Teknologi pangan bermanfaat untuk menghasilkan makanan baru yang lebih tahan lama. Contoh teknologi pangan adalah pengeringan, pengawetan dan pengalengan bahan pangan.

 

Tugas Siswa :

Carilah arti kata yang diberi garis bawah pada bacaan diatas, Gunakan kamus besar Bahasa Indonesia!

author
No Response

Leave a reply "Materi Bahasa Indonesia, Senin 23 Maret 2020"