Pengukuran Panjang Dengan Satuan Baku

Selamat pagi rekan-rekan semua, kali ini https://tutorialpelajaran.com/ kemabli hadir untuk membagikan kembali materi matematika berkenaan dengan Pengukuran Panjang Dengan Satuan Baku.

untuk mengetahui panjang suatu benda, kita memerlukan alat ukur panjang yang sesuai. Agar tidak terjadi perbedaan hasil pengukuran, kita perlu menggunakan alat ukur baku, seperti beberapa contoh gambar

penggunaan alat ukur pada gambar diatas tergantung seberapa panjang yang akan diukur dan kemudahan penggunaannya. Penggaris digunakan untuk mengukur benda-benda yang panjangnya kurang dari 1 meter. Meteran pita atau meteran kain biasanya digunakan penjahit untuk mengukur panjang kain. Meteran rol kecil digunakan untuk mengukur panjang kayu, sedangkan meteran rol besar digunakan untuk mengukur panjang tanah atau lapangan. Satuan baku hasil pengukuran panjang, misalnya meter (m) dan sentimeter (cm).

sebagai latihan berikut ini ada beberapa soal menentukan panjang benda-benda yang ada dikelas menggunakan penggaris atau rol kecil !

  1. Buku tulis              = ………cm
  2. Buku pelajaran      = ………cm
  3. Papan tulis            = ………cm
  4. Pensil                    = ………cm
  5. Meja Belajar          = ………cm
  6. Ubin                      = ………cm
  7. Sapu Cendela       = ………cm
  8. Lemari                  = ………cm
  9. AC                        = ………cm
  10. Kotak Pensil          = ………cm

Berikut ini kami juga membuat video pembelajaran tentang pengukuran benda dikelas dengan menggunakan penggaris, untuk melihat video ada dibawah ini :

About Robert Kris 499 Articles
Berkah Dalem

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*