Pengukuran Waktu

Berikut ini kami ingin berbagi berkenaan dengan muatan pelajaran Matematika dalam Kurikulum 2013 revisi 2018. Tahukah kamu?berapa kili gram berat tubuhmu? Berapa centi meter tinggi badanmu? berpa lama yang kamu perlukan dari rumah sampai tiba disekolahmu? untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kamu perlu melakukan pengukuran berat, panjnag dan waktu.

Dalam materi kali ini Indokatornya adalah :

  1. Menjelaskan dan menentukan serta menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan lama waktu suatu kejadian berlangsung.
  2. Mendiskripsikan, menentukan, dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

A. ALat ukur waktu, Panjang dan Berat

sebelum masuk dalam penjelasan sebaiknya kita lakukan kegiatan pengantar berikut ini dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut  ini :

  1. Berapa kali kira-kira kamu mengedipkan mata dalam 1 menit, 1 jam, dan 1 hari?
  2. Berapa meter kira-kira kamu melangkah dalam sehari?
  3. berapa kg kira-kira berat pakaian yang kamu miliki

Nah sebelum menjawab baiknya kita pahami tentang alat-alat ukur:

  1. Alat Ukur Waktu : Salahs satu alat ukur baku untuk menentukan lamanya suatu kegiatan adalah jam. Berdasarkan penggunaannya, ada berapa jenis jam. Ada jam dinding, jam tangan, dan jam meja. Berdasarkan alat petunjuk waktunya, ada jam analog dan digital. Jam analog adalah jam memiliki tampilan dasar jarum (hands) berupa; jarum jam (hour hand), jarum menit (minute hand), dan sering pula ditambahkan jarum detik (second hand). Hour hand biasanya lebih pendek dan berguna untuk menunjuk angka jam. sedangkanJam digital adalah tipe lain dari jam yang menampilkan waktu dalam digitalJam digital dijalankan secara elektronik. berikut ini gambar jenis jam tersebut .Demikian sedikit penjelasan berkenaan dengan Pengukuran Waktu, semoga dengan penjelasan ini dapat membuka sedikit pemikiran tentang waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com