Makna Setiap bagian Lambang Garuda Pancasila

Selamat pagi rekan-rekan semua, kembalia kami berbagi artikel, kali ini kami ingin membagikan berkenaan pelajaran PPKn. yaitu tentang Makna Setiap bagian Lambang Garuda Pancasila.

Kita telah mempelajari bagian-bagian yang ada pada lambang Garuda Pancasila. Setiap bagian memiliki makna yang berbeda-beda. Simak makna setiap bagian pada lambang Garuda Pancasila berikut ini :

  1. Kepala  : Bagian paling atas Garuda Pancasila adalah Kepala. Kepala Garuda Pancasila menoleh kearah kanan hal ini jika dilihat dari sudut pandang Garuda Pancasila. Hal ini menggambarkan bahwa bangsa Indonesia memihak kepada kebenaran. Bangsa Indonesia menjunjung tinggi kebenaran dan keadilan. Bangsa Indonesia menentang penjajahan karena tidak sesuai dengan peri kamanusiaan dan peri keadilan. Oleh karena itu, bangsa Indonesia berjuang bersama untuk lepas dari penjajahan.
  2. Leher : Bagian tubuh Garuda Pancasila yang terletak dibawah kepala adalah leher. Bulu pada leher Garuda Pancasila berjumlah 45 helai. Jumlah bulu pada leher ini menunjukkan dua angka belakang tahun kemerdekaan.
  3. Sayap : Garuda Pancasila  memiliki dua sayap, yaitu sayap kanan dan sayap kiri. Kedua sayap Garuda Pancasila terkembang lebar. Jumlah bulu pada sayap garuda adalah 17 helai. Jumlah bulu pada sayap ini menunjukkan tanggal kemerdekaan negara kita.
  4. Perisai : Didada Garuda Pancasila terdapat sebuah perisai. perisai itu melambangkan perjuangan dan pertahanan diri untuk mencapai tujuan negara. Ditengah-tengah perisai terdapat garis hitam tebal. Garis ini menggambarkan letak negara Indonesia yang dilalui oleh garis Khatulistiwa. Warna dasar dalam perisai adalah merah putih. Warna ini melambangkan bendera negara kita, yaitu Merah Putih. Di dalam perisai, terdapat lima simbol sila-sila Pancasila.

a. Simbol Bintang untuk sila Ketuhanan Yang Maha Esa

b. Simbol Rantai untuk sila Kemanusiaan yang adil dan beradab

c. Simbol beringin untuk sila Persatuan Indonesia

d. Simbol Kepala banteng untuk sila Kerakyatan yang dipimpin oleh      hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

e. Simbol Padi dan kapas untuk keadilan sosial bagi seluruh rakyat        Indonesia.

5. Ekor : Ekor Garuda Pancasila terletak di bagian bawah tubuhnya. Ekor Garuda Pancasila terdiri atas pangkal ekor dan ujung ekor. pangkal ekor memiliki bulu ysng berjumlah 19 helai. bagian ujung ekor memiliki bulu yang berjumlah 8 helai.

6. Cakar : Garuda Pancasila memiliki cakar yang tajam dan kuat. Cakar itu menggenggam kuat pita putih yang bertuliskan ” Bhinneka Tunggal Ika”. Kata  Bhinneka Tunggal Ika berasal dari kitab Sutasoma karangan Empu Tantular. Bhinneka artinya berbeda-beda. Tunggal artinya satu sedangkan Ika, artinya itu.  jadi Bhinneka Tunggal Ika artinya Berbeda-beda, tetapi tetap satu. Ini merupakan semboyan Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Demikian sedikit penjelasan berkenaan dengan bagian Lambang Garuda Pancasila, semoga dapat membantu rekan-rekan dalam memahami tentang Garuda Pancasila.

 

 

 

 

author
No Response

Leave a reply "Makna Setiap bagian Lambang Garuda Pancasila"