Bagian -Bagian pada Lambang Garuda Pancasila

Tahukah kamu bahwa Garuda Pancasila merupakan hasil rancangan dari Sultan hamid II, yaitu Putra Sulung Sultan Pontianak ke-6. Garuda Pancasila adalah lambang negara Indonesia. Garuda pancasila sudah dikenal sejak Zaman kerajaan di indonesia. Garuda disimbolkan sebagai kendaraan Dewa Wisnu. Garuda melambangkan pengetahuan, kekuatan, keberanian dan kesetiaan.

Garuda Pancasila disahkan menjadi lambang negara indonesia pada 11 Februari 1950. Sebagai lambang negara, Garuda Pancasila menggambarkan Indonesia sebagai bangsa yang kuat dan besar.

Indonesia memiliki wilayah yang luas. Beragam kekayaan alam terdapat diwilayah daratan dan perairan Indonesia. Bangsa Indonesia terdiri atas beragam suku bangsa, budaya dan agama. Itulah yang menjadi kebesaran dan kekuatan bangsa kita.

Sebagai bangsa Indonesia, kita harus bangga dengan kekuatan dan kebesaran negara kita. Rasa bangga itu dapat kita wujudkan dengan giat belajar. salah satunya belajar tentang lambang Negara.

Garuda Pancasila memiliki tubuh berwarna keemasaan. Tubuhnya tampak gagah dengan kedua sayap yang terkembang. Paruhnya runcing dan tajam. Cakarnya mencengkram kuat sebuah pita putih. Garuda pancasila terdiri atas bagian-bagian berikut :

  1. Kepala
  2. leher
  3. Sayap
  4. perisai
  5. Ekor
  6. Cakar

Setiap bagian memiliki makna berbeda-beda. Tahukah kamu makna setaiap bagian tersebut?

Ayo kita pelajari pada artikel berikutnya !

author
No Response

Leave a reply "Bagian -Bagian pada Lambang Garuda Pancasila"