Waspada! Plak Pada Pembuluh Darah Dapat Memicu Serangan Jantung dan Stroke

Darah adalah komponen utama dalam tubuh kita. Darah berfungsi mengedarkan sari-sari makanan dan oksigen bagi sel-sel tubuh kita dan mengangkut sisa metabolisme untuk dikeluarkan dari tubuh lewat organ-organ tertentu. Di balik kegunaannya yang sangat vital tersebut, mungkin rekan-rekan juga pernah membaca fakta-fakta yang mengagumkan dari darah kita. Berikut ini contohnya :

1). Apabila gelas diisi air putih, ditetesi darah segar (manusia), maka air berubah menjadi merah karena darah tercampur rata tanpa diaduk. Hal ini memperlihatkan bahwa air putih itu sangat baik untuk tubuh/darah kita.
2). Apabila gelas diisi air garam, ditetesi darah segar, diaduk, tetap tidak tercampur dengan baik/rata, terlihat darah menggumpal kecil-kecil dan kental. Hal ini memperlihatkan bahwa terlalu banyak makan makanan yang mengandung garam mengakibatkan darah menjadi kental, sehingga terjadi penyumbatan pada pembuluh darah dan jantung harus bekerja lebih keras untuk dapat memompanya. Hal ini bisa berakibat darah tinggi dan stroke.
3). Apabila gelas diisi minyak, ditetesi darah, maka darah dan minyak tidak mau bercampur, malah akan menggumpal besar. Hal ini memperlihatkan bahwa terlalu banyak makan makanan berminyak tidak baik, dapat meningkatkan kolesterol dalam darah sehingga menyumbat pembuluh darah yang mengalir ke jantung, menyebabkan penyakit jantung yang beresiko menyebabkan kematian.
4). Apabila gelas diisi alkohol, ditetesi darah, maka darah dan alkohol langsung bercampur, tapi lama-lama darah berubah warna menjadi coklat, berarti darah menjadi rusak.

Pembuluh darah kita yang setiap detik mengalirkan darah, kemungkinan akan menimbulkan kerak pada dinding-dinding pembuluh darahnya. Ditambah lagi dengan gaya makan yang tidak sehat, seperti banyak mengonsumsi makanan siap saji, mie instan, alkohol dapat mempercepat terbentuknya kerak/plak pada pembuluh darah.

Kerak yang terbentuk pada dinding pembuluh darah ada 5 jenis kemungkinan, yaitu:
🔹Plak kolestrol
🔹Plak asam urat
🔹Plak gula darah
🔹Plak trigliserida
🔹Plak racun

Plak – plak ini sangat berbahaya bagi kesehatan karena jika suatu saat plak-plak ini copot lalu mengalir ke arteri jantung,  dapat terjadi penyumbatan, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan serangan jantung. Jika plak yang copot mengalir ke arah otak dan menyumbat, maka terjadilah stroke. Jika plak-plak tersebut terbentuk di arteri jantung yang menyempit, dapat mengakibatkan otot jantung kekurangan sirkulasi darah dan O2, yang biasanya diakibatkan oleh plak kolestrol, maka timbullah penyakit jantung koroner.

Ada beberapa cara alami untuk menyehatkan pembuluh darah kita agar terhindar dari plak, seperti mengkonsumsi makanan sehat alami secara rutin tiap hari, menghindari makan tidak sehat seperti gorengan, daging berlemak tinggi, makanan cepat saji. Apabila pada pembuluh darah kita sudah terdapat plak, maka kita dapat menghilangkannya dengan cara :

  • Plak kolestrol: bisa dilunturkan menggunakan air jahe.
  • Plak asam urat : bisa dilunturkan dengan mengkonsumsi wortel segar 1 batang/hari, minum air kelapa tua, makan pepaya, nanas.
  • Plak Gula darah : bisa dilunturkan dengan bengkoang segar, pepaya, semangka.
  • Plak Trigliserida : bisa dilunturkan dengan air kelapa tua, air kencur, semangka.
  • Plak racun : bisa dilunturkan dengan air akar alang alang dan kentang kukus (bukan rebus).

Dikutip dari berbagai sumber

author
No Response

Leave a reply "Waspada! Plak Pada Pembuluh Darah Dapat Memicu Serangan Jantung dan Stroke"