Sejarah Perkembangan Perusahaan Google

No comment 1272 views

Siapa yang tidak kenal dengan “GOOGLE” Hampir semua orang tahu google, Google adalah mesin pencari yang paling terkenal diseluruh penjuru dunia. Namun tidak banyak yang tahu tentang sejarah dai google. Nah untuk kali ini saya akan membagikan sejarah dari Search Angine yang palingterpopuler didunia ini.

Larry Page adalah pendiri Google pada 4 September 1998, dan Sergey Brin  sebagai rekan pendiri Google. Status co founder itu biasanya terlupakan oleh sejarah.

Page dan Brin adalah sahabat dari masa Kuliah, Mereka sama-sama kuliah di Stanford University. Banyak kisah yangkurang terpublish  soal berdirinya perusahaan yang diciptakan oleh Larry Page dan Sergey Brin. sampai saat ini Google sangat terkenal, perusahaan ini memiliki aset miliaran dolar.

Awal karier Google mempunyai kantor disebuah garasi mobil, Google memang ide awalnya berasal dari Page yang dibantu kemudian oleh Brin. Mereka berhasil memperoleh pendanaan senilai USD 1 juta dari dari teman dan keluarga.

Dengan sebuah keyakinan Startup itu tumbuh pesat, Page pun memindahkan kantornya dari garasi di sebuah kantor baru di Palo Alto, California. Tujuh bulan kemudian, mereka pindah kantor lagi ke Mountain View seiring pertumbuhan bisnis Google ditahun 1999 .

Investor pun mulai berdatangan untuk bekerjasama dengan perusahaan google ini. maka Page dan Brin mulai mencari kandidat yang akan dijadikan CEO di google . Akhirnya yang terpilih adalah Eric Schmidt. Ternyata sebuah keputusan yang tepat ketika memilih Eric Schmidt sebagai CEO karena Schmidt berhasil memimpin Google menjadi perusaahaan yang jauh lebih besar dan akhirnya melantai di bursa saham pada Agustus 2004. Selanjutnya Page dan Brin menjadi salah satu milarder dunia.

Schmidt menyudahi memimpin Google pada tahun 2011, dan akhirnya Larry Page kembali memegang perusahaannya lagi dan ia pun menjadi CEO kembali. Sedangkan Schmidt menjadi chairman Google.

Page dan Brin membentuk perusahaan induk Google yang dinamakan sebagai Alphabet pada tahun 2015. Brin sebagai Presiden dan Schmidt menjadi Executive Chairman, seangkan Page tetap menjadi CEO,

Demikian sedikit sejarah mengenai perkembangan search Angine terkenal diseluruh dunia GOOGLE, semoga informasi ini dapat membantu dalam menambah wawasan dalam dunia Internet kita.

author
No Response

Leave a reply "Sejarah Perkembangan Perusahaan Google"