Tabel Asam Lemah dan Basa Lemah

No comment 9091 views

Pernahkah kalian mengalami sakit maag? Apa yang menyebabkan perut terasa perih saat sakit maag

Rasa perih yang dirasakan saat sakit maag dikarenakan kenaikan jumlah cairan asam lambung. Komponen dari asam lambung adalah asam klorida (HCl). Asam lambung yang meningkat dapat dinetralkan dengan mengkonsumsi obat maag yang umumnya mengandung basa seperti magnesium hidroksida dan aluminium hidroksida.

Berbicara tentang asam dan basa, tidak dapat dipisahkan dari pH larutan yang menunjukkan derajat keasaman suatu larutan. Makin kecil nilai pH, maka sifat asamnya semakin kuat. Sedangkan, makin besar nilai pH, maka sifat asamnya makin lemah. Skala keasaman larutan dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

Untuk mempermudah perhitungan pH larutan, rekan – rekan harus mengetahui terlebih dahulu zat – zat yang tergolong asam kuat, asam lemah, basa kuat, dan basa lemah. Hal ini sangat berguna untuk menentukan rumus yang dipakai menghitung pH. Selain itu, pada materi larutan penyangga dan hidrolisis garam kelas XI SMA pengetahuan dasar ini menjadi hal yang sangat penting. Berikut ini  kami sajikan tabel berbagai jenis asam kuat, asam lemah, basa kuat, dan basa lemah.

 

author
No Response

Leave a reply "Tabel Asam Lemah dan Basa Lemah"