Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Pemanfaatan Hasil Pertanian

Manusia memanfaatkan hasil pertanian untuk diolah menjadi berbagai jenis kreasi makanan. Di Indonesia, beberapa tanaman pertanian, seperti Padi, jagung, dan ubi dijadikan sebagai sumber makanan pokok. Wilayah pertanian banyak ditemukan didaerah datara tinggi. hal ini dikarenakan tanaman pertanian umumnya akan tumbuh dengan baik  jika ditanam didaerah sejuk, contohnya sayur-sayuran dan buah buahan. bahan-bahan yang digunakan untuk membuat nasi tumpeng merupaka hasil pertanian, misalnya padi, tomat, kentang, cabai, dan mentimun.

Pemanfaatan Hasil Perkebunan

tanaman hasil perkebunan dimanfaatkan manusia untuk berbagai kepentingan, antara lain sebagai berikut :

  • Bahan untuk membuat makanan dan minuman
  • bahan baku obat-obatan
  • bahan baku industri

buah kakao merupakan bahan baku coklat yang dapat digunakan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan berbagai olahan makanan dan minuman. Misalnya coklat batangan, minuman coklat panas, es krim coklat, dan susu coklat.

Biji kopi dapat diolah menjadi berbagai jenis minuman yang nikmat.

Tanaman Perkebunan seperti mahkota dewa, dan kina biasanya diolah menjadi bahan baku obat-obatan. Pohon kayu putih dan cengkih diambil minyaknya untuk diproduksi menajdi minyak kayu putih dan minyak cengkih.

Beberapa tanaman perkebunan seperti pohon kapas, tanaman lidah buaya, dan pohon karet merupakan tanaman untuk bahan baku industri. Kapas digunakan dalam industri kosmetik, sedangkan getah pohon karet digunakan sebagai bahan baku pembuatan ban.

Pemanfaatan Hasil peternakan

Salah satu hewan ternak yang biasanya dimanfaatkan manusia adalah sapi. Tidak hanya daging, susu, dan kulit sapi juga dapat diolah dan dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup manusia. Daging sapi dapat diolah menjadi bakso, sosis, serta makanan olahan lainnya. Susu sapi dapat diolah menjadi berbagai produk susu, keju dna yoghurt. Kulit sapi dapat digunakan untuk bahan baku industri pakaian, mebel, serta bahan pembuat wayang dan kendang.

Pemanfaatan hasil Laut

Ikan, kerang mutiara, dan rumput laut merupakan hasil laut yang sering dimanfaatkan oleh manusia. Selain ikan segar, ikan juga dapat diawetkan agar tahan lama dan diolah menjadi berbagai jenis makanan. Kerang mutiara menghasilkan mutiara yang dapat dijadikan berbagai perhiasan.

RUmput laut merupakan hasil laut yang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, diantaranya jenis nori (rumput laut yang dikeringkan) dan agar-agar. Nori biasanya disajikan dalam bentuk Snack atau bahan campuran dalam sushi (makanan khas jepang). Agar -agarnya biasanya disajikan sebagai bahan campuran dalam minuman segar, misalnya es campur. Rumput aut juga dapat disajikan sebagai bahan baku industri kosmetik dan obat-obatan.

Pemanfaatan Hasil Hutan

Sumber daya alam hutan dimanfaatkan oleh manusia, karena menyimpan sumber daya alam yang melimpah berupa hasil kayu dan non kayu. hasil kayu berasal dari batang pepohonan yang ditebang, kemudian diolah menjadi bahan baku industri. Di antaranya untuk pembuatan bahan bangunan, furnitur, dan kertas.

Selain kayu, hutan juga menghasilkan sumber daya nonkayu ,isalnya madu hutan. Madu ini diperoleh dari sarang lebah yang ada di pepohonan. Madu sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Selain diolah sebagai campuran makanan dan minuman, madu juga dijadikan bahan baku industri obat dan kosmetik.

Pemanfaatan hasil non kayu lainnya adalah hutan dijadikan objek wisata seperti Taman Hutan Raya yang terletak dibandung. Taman Hutan ini dimanfaatkan sebagai lokasi konservasi, wisata alam, dan sarana pendidikan tentang lingkungan.

Pemanfaatan Hasil Pertambangan

Sumber daya alam hasil pertambangan memiliki banyak manfaat bagi manusia. Misalnya, untuk dijadikan bahan bakar kendaraan bermotor, bahan bangunan, perhiasan, dan obat. Ingat! berhematlah dalam menggunakan sumber daya alam, khususnya hasil pertambangan.

Minyak bumi dan gas alam dimanfaatkan sebagai bahan bakar. salah satunya bensin. besi, alumunium, tembaga, dan timah dimanfaatkan sebagai bahan baku industri. Di antaranya berbagai peralatan rumah tangga. Emas dan perak juga dapat diolah untuk perhiasan dan benda berharga lainnya. bisa berupa emas murni atau campuran. pasir merupakan tambang yang dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam pembuatan bangunan.

Bagi yang membutuhkan PPT anda dapat mendownloadnya dibawah ini;

Unduh FIle PPT

Baca Juga:

  1. Penggolongan Sumber Daya Alam
  2. Persebaran Sumber Daya Alam di Indonesia
  3. Pemanfaatan Sumber daya Alam

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*