Pubertas dan Cara menjaga Kesehatan dan Tingkah laku Pada Masa Pubertas

Apa itu Pubertas?

Pubertas adalah masa ketika seorang anak mengalami perubahan fisik, Pola Pikir, dan pematangan fungsi organ reproduksi. Pubertas berasal dari bahasa latin, yaitu puber, yang berarti masa menuju dewasa. Pada masa pubertas, tubuh seorang anak akan berubah. Perubahan ini dipengaruhi oleh hormon dalam tubuhnya. Hormon merupakan zat yang dihasilkan oleh tubuh untuk mengendalikan proses-proses tertentu di dalam tubuh. Pubertas dialami pada remaja.

Ciri fisik laki-laki dan perempuan yang mengalami masa pubertas antara lain ;

Ciri fisik Remaja laki-laki;

  • Masa otot semakin bertambah
  • Tubuh bertambah berat dan tinggi
  • Jakun mulai tumbuh dan tampak
  • Suara berubah menjadi berat
  • tumbuhnya kumis
  • keringat semakin banyak

Ciri-ciri Remaja Perempuan;

  • Tubuh bertambah berat dan tinggi
  • Suara berubah menjadi tinggi
  • Tumbuh jerawat
  • Keringat semakin banyak

Selain perubahan fisik yang disebutkan diatas, apalagi ya perubahan fisik laki-laki dan perempuan pada masa pubertas?

Selain perubahan fisik, pada masa pubertas juga terjadi perubahan pola pikir yang mempengaruhi prilaku remaja. Pada masa pubertas, umumnya remaja berkeinginan untuk mencoba hal baru. Bimbingan dan pengawasan orang tua yang benar dan lingkungan menjauhkan remaja untuk mencoba hal-hal negatif.

Pada fase ini, sebaiknya remaja melakukan berbagai kegiatan positif seperti kegiatan hobi atau kegiatan sosial. komunikasi antara orang tua dan remaja penting dilakukan untuk menghindari remaja melakukan hal-hal yang negatif.

Cara menjaga Kesehatan dan Tingkah laku Pada Masa Pubertas

Pada masa pubertas, remaja akan cenderung lebih aktif. Banyak perubahan-perubahan yang terjadi, seperti tumbuhnya jerawat dan keringat yang berlebih. Hal ini akan menjadi sarang penyakit jika tidak disertai upaya menjaga kebersihan diri.

berikut adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan tubuh pada masa pubertas;

  • Melakukan pola hidup sehat, yaitu tidur cukup, mengkonssumsi makanan bergizi seimbang, dan rutin berolahraga
  • mandi secara teratur, minimal dua kali sehari
  • Mencuci pakaian yang bersih dan menggunakan pakaian dalam yang menyerap keringat
  • mencuci rambut secara teratur

Masa Pubertas, baik bagi laki-laki maupun perempuan, merupakan masa paling rawan. Alasannya, Pada masa ini remaja sedang dalam masa penyesuaian diri dan mudah dipengaruhi lingkungan. Oleh karena itu, peranan orang tua, guru, dan teman sangat penting dalam pembentukan karakter atau sifat remaja tersebut. Oleh karena itu, pada masa Pubertas, remaja lebih diarahkan ke hal-hal positif, antara lain sebagai berikut;

  1. memilih teman yang baik. Jangan takut kehilangan teman jika ia cenderung mengajak melakukan hal-hal tidak baik
  2. Menggunakan aplikasi jejaring sosial dengan bijak dan tidak bermain permainan digawai (gadget) secara berlebihan. Mintalah bimbingan orang tua dalam memanfaatkan jejaring sosial dan gawai.
  3. mempunyai hobi dan melakukan aktifitas yang positif, seperti berolahraga, berkesenian, atau melakukan kegiatan sosial.
  4. Dengarkan dan patuhilah nasihat orang tua
  5. Bentengi diri dengan agama agar terhindar dari perbuatan terlarang sehingga tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.

Dengan bergaul dengan teman yang memiliki prilaku positif, maka akan membuat anak-anak usia pubertas terarah menjadi anak yang juga melakukan hal-hal yang positif, begitu juga sebaliknya.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*