Soal Ujian Sekolah P. Agama Islam

Kelulusan menjadi hal yang ditunggu – tunggu oleh peserta didik di tingkat akhir sekolah tetapi juga menjadi momen yang mendebarkan karena hasil belajar selama di sekolah akan diuji. Sudah sejak tahun pelajaran 2019-2020, ujian nasional yang dahulu wajib diikuti untuk penentuan kelulusan, sekarang sudah ditiadakan. Penentuan kelulusan peserta didik kelas XII sekarang ini menjadi hak mutlak sekolah. Tidak ada lagi Ujian Nasional yang diselenggarakan oleh negara untuk menentukan lulus atau tidaknya peserta didik di kelas XII pada tiap satuan pendidikan.

 

Pada tahun pelajaran 2020- 2021 dimana pembelajaran sebagian besar atau bahkan seluruhnya dilakukan secara daring, tentu ada perbedaan  dalam penentuan kelulusan peserta didik. Dalam surat edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 tahun 2021, dijelaskan bahwa Ujian Nasional ditiadakan dan kelulusan peserta didik ditentukan oleh sekolah. Penentuan kelulusan dapat dilakukan dengan melihat portofolio masing – masing peserta didik, tugas proyek, maupun ujian sekolah. Untuk mengukur pencapaian kognitif peserta didik, tentu ujian sekolah menjadi cara yang paling tepat. Materi yang harus dipelajari untuk mempersiapkan ujian sekolah adalah materi selama menempuh pendidikan di sekolah yang bersangkutan, tidak hanya terbatas pada materi di tahun terakhir belajar.

 

Untuk dapat mempersiapkan diri menghadapi uujian akhir, rekan – rekan guru maupun peserta didik dapat berlaih mengerjakan soal – soal yang kami bagikan pada tautan di bawah ini :

Soal Ujian Sekolah P. Agama Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com