Model Pembelajaran Kartu Sortir (Card Sort)

No comment 439 views

Selamat pagi rekan – rekan ayorajinbelajar.com !

 

Pada kesempatan kali ini, kembali kami akan membagikan referensi salah satu model pembelajaran aktif yang cocok diterapkan dalam pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Model pembelajaran yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah Model Kartu Sortir (Card Sort).

Bentuk Pembelajaran Kartu Sortir ini merupakan kegiatan kolaboratif yang bisa digunakan untuk mengajarkan konsep, penggolongan sifat, fakta tentang suatu objek, atau mengulangi informasi.

 

Langkah-langkah pembelajarannya sebagai berikut.

  1. Masing-masing siswa diberikan kartu indeks yang berisi materi pelajaran. Kartu indeks dibuat berpasangan berdasarkan definisi, kategori/ kelompok, misalnya kartu yang berisi tentang konsep kegunungapian (vulvalogy) dan deskripsi dari masing-masing konsep kegunungapian tersebut. Makin banyak siswa makin banyak pula pasangan kartunya.
  2. Guru menunjuk salah satu peserta didik yang memegang kartu, peserta didik yang lain diminta berpasangan dengan peserta didik tersebut bila merasa kartu yang dipegangnya memiliki kesamaan definisi atau kategori.
  3. Agar situasinya agak seru dapat diberikan hukuman bagi peserta didik yang melakuan kesalahan. Jenis hukuman dibuat atas kesepakatan bersama.
  4. Guru dapat membuat catatan penting di papan tulis pada saat kegiatan berlangsung.

 

Sumber : Panduan Pengembangan Pembelajaran Aktif oleh Direktrorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

author
No Response

Leave a reply "Model Pembelajaran Kartu Sortir (Card Sort)"