Lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia

Lambang Negara kesatuan Republik Indonesia adalah Garuda Pancasila. Garuda Pancasila menggambarkan Bangsa Indonesia adalah Negara yang Besar dan kuat. Garuda Pancasila mempunyai perisai menyerupai jantung yang digantung dengan rantai pada leher Garuda Pancasila.

Garuda Pancasila mempunyai cakar, sayap, dan ekor yang mewujudkan lambang pembangunan. Kepala Garuda menoleh kearah kanan (dari sudut pandang Garuda Pancasila).

Ada semboyan Bhineka Tunggal Ika yang ditulis diatas pita yang dicengkram oleh Garuda Pancasila. Arti Bhineka Tunggal Ika artinya berbeda-beda tapi tetap satu kesatuan.

Arti gambar Pada lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia

Banyak bulu pada sayap, ujung ekor , pangkal ekor, leher menunjukkan Tanggal, bulan dan tahun Kemerdekaan Negara kesatuan Republik Indonesia.

 

Makna Semboyan Bhineka Tunggal Ika dalah kehidupan Sehari-hari dirumah

Semboyan Bhineka Tunggal Ika merupakan Penggambaran Persatuan dan Kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan republik Indonesia.

Dirumah terdapat keberagaman misalnya perbedaan kegemaran setiap anggota keluarga atau perbedaan pendapat. Meskipun berbeda-beda, tetapi keluarga tetap menajdi satu kesatuan.

Makna Perisai yang terdapat pada Garuda Pancasila

Garuda Memiliki perisai di dadanya, Perisai melambangkan perjuangan dan perlindungan diri untuk mencapai tujuan.

Perisai berisi lima ruang yang masing-masing ruang memiliki gambar dan makna yang berbeda;

Garis tebal ditengah perisai melambangkan Bhawa Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan Negra uyang merdeka dan berdaulat.

Salah satu cara mencintai tanah air Indonesia adalah dengan mengenal dan memahami indentitas bangsa Indonesia diantaranya adalah Bahasa Negara, Bendera kebangsaan, dan lagu kebangsaan serta lambang negara.

  1. Bahasa Negara; Indonesia memiliki beragam budaya dan Bahasa, hamper setiap daerah di Indonesia memiliki Bahasa daerah masing-masing. Tetapi Bahasa yang digunakan sebagai Bahasa Persatuan adalah Bahasa Indonesia.
  2. Bendera kebangsaaan; Bendera sangsaka Merah Putih dijahit oleh ibu Fatmawati, Istri Bapak Ir. Soekarno, Presiden Pertama Indonesia. Bendera Sangsaka Merah Putih pertama kali dikibarkan pada hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Dirumah Ir. Soekarno jalan Pegangsaan Timur, No. 54 Jakarta.
  3. Lagu Kebangsaan; Lagu Kebangsaan Indonesia adalah Indoensia Raya. Diciptakan oleh W.R. Supratman. Lagu ini dinyanyikan saat upacara kemerdekaandan biasanya juga dinyanyikan saat upacara bendera hari senin maupun Upacara kenegaraan yang dihadiri negara-negara lain.
  4. Lambang Negara; Lambang Negara adalah suatu bentuk yang digunakan sebagai lambang resmi suatu negara. Lambang Negara Indonesia yaitu Burung garuda Pancasila. Burung garuda dipilih karena melambangkan kebesaran dan kekuatan. Dengan harapan Indonesia akan menjadi negara yang besar dan kuat. Lambang negara garuda Pancasila, dirancang olah Sultan hamid II dan disempurnakan oleh oleh bapak Ir. Soekarno.
  5. Warna Pada Lambang negara; Merah melambangkan keberanian, Putih melambangkan kesucian, kebersihan, kemurnian, Kuning; Kebesaran, kemegahan, keluhuran.Hijau; Kemakmuran, kesuburan. Hitam; Keabadian.
  6. Semboyan Negara; Semboyan Negara kita adalah Bhineka Tunggal Ika terdapat pada pita yang dicengkram kaki burung Garuda. Bhineka artinya berbeda-beda atau beragam, Tunggal Ika artinya satu Jua.

Sebagai warga Negara yang baik, Kita harus mengenal dan memahami Identitas negara kita, sebagai wujud rasa cinta Tanah air.

Latihan!

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*